Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemanfaatan Gas Domestik Hanya Naik 10 Persen dalam 10 Tahun Terakhir

"Pada tahun 2013, kebutuhan gas dalam negeri sebesar 3.774 BBTUD. Tahun 2023, serapannya berada di angka 4.075 BBTUD atau hanya naik 10 persen selama 10 tahun," kata Shinta dalam acara Forum Gas Bumi 2024 SKK Migas di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6/2024).

Atas kondisi tersebut, Shinta mendorong komersialisasi gas bumi dengan strategi push and pull.

Ia mengatakan, push adalah strategi komersial yang bertujuan untuk mengirimkan gas ke pusat permintaan dengan menggunakan infrastruktur seperti pipa, kilang LNG, kilang LNG skala kecil dan menengah, terminal regasifikasi dan lain-lain.

Kemudian pull adalah strategi komersialisasi yang bertujuan untuk mengembangkan demand di dekat sumber gas, seperti pembangunan industri petrokimia, smelter, pembangkit listrik dan lainnya.

"Dengan 2 strategi ini, kami berharap cadangan gas bumi yang ditemukan dapat diproduksi dan tersalurkan dengan optimal untuk pemenuhan dalam negeri," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya berkomitmen akan mengoptimalkan produksi gas bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dalam rangka meningkatkan multiplier effect dan perekonomian nasional.

"Komitmen ini perlu diimbangi dengan kepastian komersialisasi potensi gas sehingga target memproduksikan gas 12 bscfd per day per hari dapat tercapai," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2024/06/21/173200526/pemanfaatan-gas-domestik-hanya-naik-10-persen-dalam-10-tahun-terakhir-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke