Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ciptakan Iklim Bisnis Kondusif, Bea Cukai Beri Izin TPB Berkala untuk 2 Perusahaan di Sumut

KOMPAS.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Utara (Sumut) memberikan izin fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) Berkala kepada PT Suri Tani Pemuka dan PT Soci Mas, Rabu (19/6/2024).

Izin fasilitas TPB Berkala ini resmi diberikan setelah perwakilan kedua perusahaan menguraikan proses bisnis yang dilakukan pada masing-masing perusahaan kepada jajaran Kanwil Bea Cukai Sumut di Gedung Keuangan Negara, Medan.

Adapun izin ini diberikan sebagai upaya mendukung kemudahan berusaha dan menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi industri dalam negeri.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sumut Parjiya mengungkapkan, fasilitas TPB Berkala merupakan bentuk dukungan nonfiskal yang memungkinkan penyelenggara atau pengusaha TPB untuk menyampaikan dokumen secara berkala.

"Pemberian fasilitas ini bertujuan untuk mempercepat logistik barang serta proses pemasukan dan pengeluaran barang," ucap Parjiya dalam keterangan persnya, Senin (24/6/2024).

Menurut Parjiya, pemberian fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas operasional perusahaan. Sebab, fasilitas ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi dwelling time, meminimalkan biaya produksi, serta mempercepat pergerakan barang.

“Kami berharap fasilitas TPB Berkala ini akan memberikan dampak positif bagi industri dalam negeri, memungkinkan mereka untuk berkembang lebih pesat dan bersaing di pasar global,” tuturnya.

"Kami akan terus menjalankan peran sebagai industrial assistance dan trade facilitator demi mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan nasional,” lanjut Parjiya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa langkah tersebut adalah bagian dari upaya berkelanjutan demi menciptakan lingkungan bisnis yang lebih baik dan kompetitif di Sumut.

Sebagai informasi, PT Suri Tani Pemuka adalah perusahaan yang bergerak pada bidang akuakultur yang berfokus pada budi daya perikanan, pembenihan, pembesaran, serta pengolahan makanan laut.

Sementara itu, PT Soci Mas merupakan perusahaan industri oleochemical dengan fokus pada pengolahan minyak kelapa sawit menjadi bahan kimia, seperti asam lemak dan gliserin.

https://money.kompas.com/read/2024/06/24/122949026/ciptakan-iklim-bisnis-kondusif-bea-cukai-beri-izin-tpb-berkala-untuk-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke