Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anggaran Makan Bergizi Gratis Rp 71 Triliun Bakal Digodok di DPR

Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo-Gibran, Thomas Djiwandono menyambut baik alokasi anggaran program Makan Bergizi Gratis itu. Ia menyebutkan, angka itu didapat dari hasil koordinasi yang dilakukan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tim Prabowo-Gibran.

"Rp 71 triliun buat kami adalah suatu angka yang sangat baik," kata dia dalam konferensi pers bersama Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, di Kantor Pusat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Thomas menjelaskan, program Makan Bergizi Gratis bakal dilaksanakan secara bertahap. Dengan demikian anggaran Rp 71 triliun dinilai sudah dapat memenuhi kebutuhan pelaksanaan program pada tahun pertama.

Digodok di DPR

Meskipun demikian, kepastian anggaran program Makan Bergizi Gratis ini masih menunggu persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pasalnya, anggaran itu masih akan dibahas oleh pemerintah bersama DPR.

"Kami sangat mengikuti siklus pembahasan APBN, jadi angka yang sudah disepakati tetap harus melewati proses siklus APBN," tuturnya.

"Saya tidak bisa menyampaikan teknisnya, karena siklus-siklus itu (pembahasan di DPR) harus kita lalui dulu," katanya.

Dengan anggaran sebesar Rp 71 triliun itu, Thomas memastikan, pemerintah di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran bakal menjaga defisit APBN di bawah ketentuan berlaku, yakni 3 persen.

"Kami ingin menekankan bahwa presiden terpilih komitmen terhadap defisit atau target defisit yang akan disepakati oleh pemerintah sekarang dan DPR," ucap Thomas.

Sebelumnya artikel ini berjudul: Tim Prabowo Sebut Anggaran Makan Bergizi Gratis Masih Bisa Berubah. Namun setelah redaksi melakukan pengecekan lebih lanjut, Tim Prabowo tidak menyatakan hal tersebut. Kami memohon maaf atas kesalahan yang terjadi.

https://money.kompas.com/read/2024/06/24/134224426/anggaran-makan-bergizi-gratis-rp-71-triliun-bakal-digodok-di-dpr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke