Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Isi Surat Warisan Investor "Kondang" Warren Buffett

NEW YORK, KOMPAS.com - Investor kondang Warren Buffett baru saja mengubah kembali isi surat wasiatnya. Surat itu kurang lebih berisi soal apa yang akan dilakukan pendiri dan pimpinan Berkshire Hathway itu dengan hartanya setelah meninggal dunia.

Dalam surat wasiatnya, Buffett yang telah berusia 93 tahun tersebut tidak berencana untuk melanjutkan sumbangan ke Bill and Melinda Gates Foundation setelah meninggal.

Sebagai gantinya, ia akan menaruh kekayaan di lembaga amal baru yang diawasi oleh tiga anaknya.

"Gates Foundation tidak akan lagi menerima sumbangan setelah saya meninggal," kata dia, dikutip dari CNN, Minggu (30/6/2024).

Buffett memang dikabarkan sempat mengubah isi surat wasiatnya beberapa kali.

Sekarang, ia telah membuat rencana terbaru dan memberikan kepercayaan kepada anak-anaknya tentang bagaimana mereka akan mendistribusikan kekayaannya.

Sedikit catatan, tiap anak Buffett memiliki organisasi filantropinya sendiri.

"Saya merasa sangat baik dengan nilai ketiga anak saya. Saya punya kepercayaan 100 persen terhadap bagaimana mereka melaksanakan sesuatu," imbuh dia.

Sebelumnya, dalam surat wasiat Buffett dinyatakan, lebih dari 99 persen harta miliknya dialokasikan untuk penggunaan filantropis kepada Bill and Melinda Gates Foundation. 

Harta tersebut termasuk disumbangkan melalui empat badan amal yang terhubung dengan keluarganya seperti Susan Thompson Buffett Foundation, Yayasan Sherwood Foundation, Howard G. Buffett Foundation, dan NoVo Foundation.

Waktu itu, Buffett berencana unruk melanjutkan donasinya ke Gates Foundation seumur hidup.

Seiring dengan itu, Berkshire Hathaway mengatakan, Buffett mengonversi sekitar 9.000 saham Kelas A menjadi lebih dari 13 juta saham Kelas B.

Sekitar 9,3 juta saham akan diberikan kepada Bill and Melinda Gates Foundation Trust, sedangkan sisanya dibagi di antara empat badan amal keluarga Buffett.

Pada 2022, Buffett menyumbangkan sekitar 870 juta dollar AS ke empat badan amal yang dijalankan oleh keluarganya, dan sekitar 750 juta kepada mereka pada 2022.

Menyusul donasi yang baru diumumkan, Buffett memiliki 207,963 saham Berkshire Hathaway Kelas A dan 2,586 saham Kelas B, kata perusahaan itu. Sahamnya bernilai sekitar 128 miliar dollar AS.

Sebagai informasi, Buffett adalah salah satu orang terkaya di dunia. Forbes mengestimasi kekayaan Buffett mencapai 135 miliar dollar AS per Juni 2024, atau setara sekitar Rp 2.207 triliun (kurs Rp 16.350 per dollar AS. 

Buffett saat ini duduk di peringkat 10 daftar orang terkaya di dunia. 

https://money.kompas.com/read/2024/06/30/103000726/simak-isi-surat-warisan-investor-kondang-warren-buffett

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke