Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Nasional Adem Ayem Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 18/12/2009, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai nasional nampaknya adem ayem menghadapi liburan Natal 2009 dan Tahun Baru 2010. Hanya Mandala Air yang menambah penerbangan.

Menanggapi sepinya maskapai nasional menambah penerbangan, Direktur Angkutan Udara Dephub, Tri Sunoko menyatakan, kemungkinan mereka baru mengajukan penerbangan tambahan pada pekan depan.

Menurutnya, penerbangan akan semakin semarak saat menjelang hari Natal. Untuk saat ini, penumpang masih bisa ditampung dalam penerbangan reguler.

"Pekan depan seperti Lion Air, Merpati dan Garuda biasanya langsung mengusulkan penerbangan tambahan," tambahnya.

Dari data tersebut, izin penambahan penerbangan untuk maskapai nasional baru diberikan pada Mandala Air. Mandala disebutkan mendapat izin penerbangan untuk rute Jakarta-Surabaya pada 24 Desember dan 27 Desember dengan kapasitas 720 kursi.

Sedang untuk rute Jakarta-Denpasar, extra flight akan dilakukan pada 25 Desember dan 1 Januari 2010 dengan kapasitas 720 kursi.

Total kursi yang disediakan Mandala sebanyak 1.440 kursi. Sebelumnya Mandala menyatakan akan menyediakan sebanyak 4.320 kursi untuk rute Jakarta-Surabaya, Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Kupang.

Sisa FA Mandala mungkin belum diajukan, sehingga jumlahnya tidak sama. Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait mengatakan, hingga pekan ini memang terjadi lonjakan cukup besar terhadap penumpang Lion.

Menurutnya, load factor rute-rute dari Jakarta ke beberapa kota seperti Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan dan Manado bisa mencapai 95 persen.

"Hal ini disebabkan karena ada libur sebelum Natal yaitu Tahun Baru Islam. Tetapi masih bisa dicover dengan penerbangan reguler," kata Edward.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com