Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Asing Tarik Dana, IHSG Turun

Kompas.com - 13/12/2011, 17:09 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (13/12/2011) melemah 2857 poin menjadi 3.763,57. Nilai transaksi Rp 5 triliun.

Hampir seluruh sektor perdagangan menurun kecuali sektor industri dasar dan properti. Para investor asing melepaskan lagi saham mereka dengan nilai Rp 272,7 miliar. Saham yang paling banyak dijual adalah Telkom, Bank BNI, Indofood, Adaro, dan Gudang Garam.

Pasar saham Asia juga ditutup melemah. Penurunan ini seturut dengan keadaan di Wall Street karena para investor mengkhawatirkan apa yang telah diperbuat oleh para pemimpin Eropa tidak cukup untuk menghentikan krisis.

Pekan lalu, para pemimpin Eropa, kecuali Inggris, telah sepakat untuk membuat traktat baru berisi pengetatan aturan tentang fiskal.

Indeks Tokyo merosot 1,06 persen, Sydney melemah 1,3 persen, dan Hongkong 0,87 persen.

"Simpel saja, pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa merupakan saat yang menyulitkan dan dinilai dengan penyesuaian harga aset berisiko global," ujar Chris Gore, analis pada GoMarket di Melbourne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com