Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Terbesar Keempat Spanyol Tutup Seribu Cabang

Kompas.com - 29/11/2012, 17:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - BFA/Bankia, bank terbesar keempat di Spanyol bakal menutup seribu cabangnya lantaran rencana restrukturisasi. Pihak Bankia mengatakan hal itu kemarin. BFA/Bankia yang didirikan pada 2010 merupakan hasil merger antara Bank Caja Madrid dengan lima bank lebih kecil.

Sebagaimana warta AP pada Kamis (29/11/2012), restrukturisasi itu merupakan konsekuensi dari Uni Eropa (UE) demi dana bantuan 37 miliar euro atau setara dengan 48 miliar dollar AS guna memulihkan Spanyol dari krisis keuangan lebih parah.

Nantinya, Bankia juga akan mentransfer duit 57,2 miliar euro ke "bank buruk" yang diciptakan untuk mempertahankan aset sebagai dampak dari rontoknya bisnis properti Spanyol. Luruhnya bisnis tersebut membuat 6.000 pekerja di sektor tersebut kehilangan mata pencaharian mereka.

Secara internal pula, restrukturisasi itu bakal menyusutkan jumlah karyawan Bankia dari 20.588 orang ke posisi 14.500 karyawan. "Ini adalah cara paling baik demi menjamin kelangsungan hidup Bankia," kata Presiden Bankia  Ignacio Goirigolzarri.

"Terkait pengurangan karyawan ini, Bankia menetapkan kebijakan mundur dengan sukarela atau pensiun dini. Paling banyak, kami akan mengurangi 6.000 karyawan," imbuh Goirigolzarri.

Sementara itu, dari total bantuan finansial UE tersebut, Bankia bakal kebagian dana talangan sekitar 18 miliar dollar AS.

Selain Bankia, Catalunya Banc bakal menerima 9 miliar euro, NGC Banco dapat 5,5 miliar euro, dan Banco de Valencia memperoleh paket 4,5 miliar euro. Ditambah bantuan sebelumnya dari pemerintah Spanyol, Bankia total mendapat kucuran dana talangan 36 miliar euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com