Kompas.com - 22/02/2013, 10:03 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Tanzania merupakan surga bagi para petualang safari. Tekstur alam yang khas, serta keanekaragaman flora dan faunanya membuat Tanzania menjadi salah satu negara tujuan utama para wisatawan mancanegara untuk bersafari ria.

Negara yang berlokasi di Afrika Timur ini memiliki beberapa Taman Nasional dan Wilayah Konservasi yang terkenal, seperti: Taman Nasional Serengeti, Taman Nasional Gunung Kilimanjaro, Wilayah Konservasi Kawah Ngorongoro, Taman Nasional Ruaha, dan banyak tempat lainnya yang serupa- tersebar seantero negeri ini.

Berikut tips bila Anda ingin bersafari di Tanzania.

1. Kontak tim safari dari agen perjalanan profesional yang banyak ada di Afrika Timur atau perwakilan mereka di Asia.

2. Mereka akan membantu pemesanan tiket perjalanan pp dari Jakarta serta informasi dan pelayanan lainnya seperti  pengurusan visa, asuransi perjalanan, akomodasi, dan sebagainya.

3. Tim safari terdiri dari seorang pemandu, sopir, dan juru masak. Mereka dilengkapi mobil penjelajah 4x4 dan peralatan berkemah lengkap.  Jangan lupa untuk memberikan tip sebesar 10 dollar AS per hari untuk setiap orang dari mereka.

4. Lengkapi diri dengan: dokumen perjalanan lengkap, asuransi perjalanan, uang tunai (karena sulitnya akses ATM), obat-obatan, krim anti nyamuk, krim pelindung sinar matahari, lampu senter (lebih baik yang bisa dipasang di bagian dahi), kacamata hitam, selendang untuk menutup bagian hidung dan mulut karena kondisi berdebu selama perjalanan darat, topi, pakaian yang menyerap keringat, jaket hangat anti angin, tisu basah (juga tisu gulungan), sandal dan sepatu yang nyaman untuk berjalan. Jangan lupa juga teropong untuk melihat detil hewan dari kejauhan, dan kamera foto untuk mengabadikan saat-saat istimewa bersafari.

5. Banyak minum air untuk mencegah dehidrasi selama perjalanan safari.

6. Wajib menghormati budaya dan adat istiadat setempat dan dilarang keras membuang sampah sembarangan. (Kristina Budiati, saat ini bertempat tinggal di Zanzibar, Afrika Timur)

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.