Usaha Mikro dan Kecil, Wajah Sesungguhnya Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 27/04/2017, 19:20 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Dongeng ketangguhan usaha mikro dan kecil (UMK) bertahan dari hantaman krisis ekonomi 1998 belum hilang dari benak para pelaku ekonomi. Kini 19 tahun berlalu, UMK terkonfirmasi menjadi wajah sesungguhnya ekonomi Indonesia.

Begitulah gambaran utama hasil sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 yang dirilis hari ini, Kamis (27/4/2017).

"Dilihat dari skala usaha, dari 26,7 juta usaha (di luar sektor pertanian), 98,33 persennya merupakan usaha yang berskala UMK," ujar Kepala BPS Suharyanto di Jakarta.

Sementara itu usaha berskala menengah dan besar hanya 0,45 juta usaha, atau hanya sekitar 1,6 persen dari total 26,7 juta usaha atau perusahaan non pertanian di Indonesia.

Berdasarkan UU 20 tahun 2008 tentang UMKM, sebuah aktivitas dinamakan usaha mikro kalau pendapatan setahun kurang dari Rp 300 juta. Sedangkan pendapatan usaha kecil dalam setahun mencapai Rp 300 juta - Rp 2,5 miliar.

Dari sebaran usahanya, sebanyak 16,2 juta usaha atau perusahaan berada di Jawa, atau 60,7 persen terhadap jumlah usaha atau perusahaan di Indonesia.

Adapun sisanya, di Sumatera 4,9 juta usaha, Sulawesi 2,1 juta usaha, Bali dan Nusa Tenggara 1,5 juta usaha, Kalimatan 1,3 juta usaha, dan Maluku serta Papua 0,45 juta usaha.

Sementara itu, distribusi tenaga kerja terbesar ada di usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi perawatan mobil, dan sepeda motor yang mencapai 22,3 juta orang, atau 31,8 persen dari total tenaga kerja yang mencapai 70,3 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.