Generasi Milenial Mulai Lirik Instrumen Sukuk

Kompas.com - 04/03/2019, 15:43 WIB
Ilustrasi investasi www.shutterstock.comIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial mulai tertarik dengan investasi di surat berharga syariah negara atau sukuk.

Pada periode penerbitan Sukuk Tabungan ST003, investor muda termasuk milenial yang memesan melalui Bank Syariah Mandiri saja mencapai 26,5 persen. Mereka terdiri atas investor muda usia 26-35 tahun sebesar 22,5 persen dan investor milenial sebesar 6 persen.

SEVP Distribution and Services Mandiri Syariah Anton Sukarna mengatakan, untuk sukuk ritel, mulanya mereka menargetkan nasabah prioritas.

"Namun ternyata banyak juga nasabah ritel non priority kami yang tertarik dengan investasi sukuk ini termasuk kaum muda," ujar Anton dalam keterangan tertulis, Senin (4/3/2019).

Baca juga: Makin Terjangkau, Sukuk Ritel SR-011 Bisa Dibeli Mulai Rp 1 Juta

Mandiri Syariah termasuk salah satu mitra distribusi sukuk tabungan dan sukuk ritel yang dikeluarkan pemerintah. Untuk ST-003, pemesanan yang dilakukan online melalui Mandiri Syariah Netbanking oversubscribed dari target indikatif yang ditetapkan perusahaan, yakni sekitar Rp 200 miliar.

Sementara jumlah investor yang memesan melalui Mandiri Syariah sekitar 10 persen dari total investor yang membeli ST-003.

Nilai rata-rata investasi nominal adalah Rp 250 juta per orang. Adapun profesi terbanyak adalah pegawai swasta sebesar 60,42 persen.

Baca juga: Milenial Dominasi Investasi Sukuk Tabungan ST-003

Selebihnya adalah ibu rumah tangga, pensiunan, profesional, hingga pelajar dan mahasiswa dengan daerah yang paling besar adalah wilayah Pulau Jawa.

Untuk ST-003, investasi kaum muda dan milenial sekitar Rp 29 miliar dari total pemesanan mencapai Rp 374 miliar.

Setelah ditunjuk sebagai mitra distributor ST-003, Mandiri Syariah kembali ditunjuk Pemerintah sebagai mitra distributor untuk Sukuk Ritel SR-011.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X