Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan GrabFood Dongkrak Pendapatan Mitra hingga 40 Persen

Kompas.com - 04/04/2019, 15:07 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pemesanan melalui GrabFood di Indonesia meningkat hingga 10 kali lipat dalam 1 tahun terakhir sejak beroperasi.

Hal ini tak hanya positif bagi perkembangan GrabFood, tapi juga peningkatan pendapatan tambahan mitra GrabFood.

Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar mengatakan, peningkatan pendapatan mitra pengemudi dengan menjadi mitra GrabFood sebesar 40 persen.

"Di Indonesia, mitra pengemudi memperoleh 40 persen pendapatan lebih besar dengan mengambil pesanan pengiriman makanan, di luar transportasi," ujar Mediko di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Tanpa Antre, Mitra GrabFood Tinggal Ambil Pesanan di Restoran Hokben

Berdasarkan survei yang dilakukan pihak ketiga, tiga dari empat responden mengatakan bahwa pengiriman yang cepat menjadi alasan mereka menggunakan layanan GrabFood. Dengan kecepatan pengiriman tersebut, kata Mediko, jumlah pemersanan melalui aplikasi GrabFood semakin besar.

Ditambah dengan banyaknya armada mitra GrabFood membuat mereka semakin cepat menangani pesanan pelanggan.

"Kami sudah jadi layanan pesan antar terepat dengan rata-rata durasi pengantaran 29 menit sehingga bisa menikmati makanan lebih cepat," kata Mediko.

Baca juga: Dorong Pengusaha Lokal, 80 Persen Mitra GrabFood Pelaku UMKM

Bertumbuhnya bisnis layanan pesan antar juga berpengaruh positif pada pedagang mitra GrabFood. Mediko mengatakan, pemesanan menggunakan aplikasi memudahkan masyarakat mendapatkan makanan favorit mereka tanpa harus pergi ke tempat tersebut.

Cukup pesan melalui aplikasi dan menunggu makanan datang. Seiring diminatinya layanan pesan antar tersebut, merchant juga mendapat pertumbuhan pendapatan yang signifikan.

"GrabFood melihat pendapatan incremental (tambahan) mitra merchant naik hingga 88 persen setelah bergabung dengan GrabFood selama 5 bulan," terang Mediko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com