Nadiem Makarim: Gojek Majukan UMKM di Indonesia

Kompas.com - 12/04/2019, 17:51 WIB
Nadiem Makarim bersama Menteri Luhut menghadiri acara Mitra Juara Gojek 2019 MICO DESRIANTO/Kompas.comNadiem Makarim bersama Menteri Luhut menghadiri acara Mitra Juara Gojek 2019
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pendiri sekaligus CEO Gojek, Nadiem Makarim, menceritakan keberhasilan perusahaannya yang mampu berperan memajukan ekonomi digital di Indonesia, terlebih dapat berdampak pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM).

"Berdasarkan laporan Google dan Temasek, Gojek menjadi akselerator utama pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia yang mendapat predikat terbesar di Asia Tenggara," tutur Nadiem kepada Kompas.com, Kamis (11/4/2019).

Sekadar informasi, berdasarkan riset yang dilakukan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), pada 2018 Gojek berhasil mencapai nilai transaksi hingga Rp 44,2 triliun, naik tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

Pencapaian ini, lanjut Nadiem, menjadi kontribusi nyata Gojek dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Jika layanan lain dalam ekosistem Gojek digabungkan, nilai transaksinya pasti jauh lebih besar," tutur Nadiem.

Lebih jauh Nadiem menjelaskan, terdapat hal yang paling menggembirakan dari pencapaian tersebut, yakni para pelaku UMKM yang usahanya terbantu sejak adanya Gojek.

"Lebih membanggakan adalah 80 persen uang mengalir ke mitra UMKM kami," papar Nadiem.

Pernyataan Nadiem tersebut diperkuat oleh riset LD FEB UI yang mengatakan 93 persen responden mitra UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah memanfaatkan layanan Gojek.

“Ini menjadi pencapaian emosional mengingat kami memiliki kepercayaan jika UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia,” tutur Nadiem.

Dorong startup baru penopang UMKM

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X