Jokowi: Program Mekaar dan UMi Mampu Tingkatkan Pendapatan Keluarga

Kompas.com - 13/04/2019, 21:19 WIB
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Maruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.WAHYU PUTRO A Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Maruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut program Mekaar dan UMi yang dijalankan sejak dua tahun lalu telah membantu pendapatan wanita di keluarganya.

Program Mekaar adalah pinjaman bagi ibu-ibu yang berdagang baik asongan, bakso, mie ayam, maupun usaha rumah tangga yang diberikan pinjaman Rp 2 juta sampai Rp 10 juta.

"Program Mekar dan UMi mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Program Mekaar adalah pinjaman Bagi ibu-ibu yang bedagang baik asongan, bakso, mie ayam, maupun usaha rumah tangga yang diberikan pinjaman hingga 2 sampai 10 juta. Apabila lebih dari 10 juta kami larikan kurs sampai 7 persen. Saat ini sudah 4,2 nasabah," kata Jokowi dalam debat capres, Sabtu (13/4/2019).

Baca juga: Lewat Pembiayaan Mekaar, Menteri BUMN Harap Kesejahteraan Keluarga Meningkat

Berkaitan dengan UMi, Jokowi menyebut telah memiliki 1,1 juta nasabah.

"Kemudian yg kedua yang berkaitan dengan UMI yang sedang kita kerjakan 1,5 tahun ini juga telah 1,1 juta nasabah," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, bila program ini sudah benar, maka akan dibesarkan sebesar-besarnya sehingga wanita Indonesia mampu menberikan pendapatan tambahan bagi keluarganya.

"Apabila ini sudah kita koreksi benar akan kita besarkan sehingga wanita Indonesia produktif dan bisa memberikan income tambahan bagi keluarga," papar Jokowi.

"Usaha mikro di pesantren juga hampir 90 persen nasabahnya adalah wanita. Kami meyakinin ini bisa memberikan ekonomi keluarga," lanjut dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X