Terkait Hak Cipta, Alfamart Digugat Rp 15 Miliar

Kompas.com - 22/04/2019, 06:03 WIB
- --


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ( Alfamart) digugat oleh Bambang Widodo dan Endang Tri Rubyanti S terkait terkait hak cipta Tabungan Saku. Tabungan Saku merupakan program belanja sambil menabung yang dilakukan emiten berkode AMRT ini bersama-sama dengan PT Bank Sahabat Sampoerna (BSS).

Bambang dan Endang menilai, Alfamart telah melakukan pelanggaran hak cipta atas pelaksanaan program atau kegiatan Tabungan Saku.

Kuasa hukum kedua penggugat Daniel Alfredo mengatakan, program Tabungan Saku yang diterapkan Alfamart dan BSS ini mengikuti konsep milik kliennya yang telah didaftarkan terlebih dahulu dengan nama Tabungan Anak Pintar Indonesia (TAPI) sejak 2010 di Ditjen HKI dengan nomor registrasi 053733.

"Bahkan, klien kami pernah mempresentasi di beberapa tempat (untuk TAPI), bahkan sampai dengan pejabat Bank Indonesia dan di depan pejabat Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) di mana Alfamart sebagai anggotanya," ucap Daniel seperti dikutip dari saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (21/4/2019).

Baca juga: Ingin Punya Gerai Alfamart, Berapa Dana yang Harus Disiapkan?

Dia menyebut, saat presentasi ke Aptrindo, Alfamart tidak memilik ketertarikan atas program TAPI ini.

"Namun, tiba-tiba 2015 BSS dan Alfamart mengeluarkan produk Tabungan Saku yang konsepnya dan banyak bagian serta kata-katanya sama dengan ciptaan klien," katanya.

Atas hal itu, Bambang dan Endang tidak terima dan melakukan beberapa kali somasi kepada Alfamart. Somasi itu sempat berbuah mediasi di luar pengadilan, tetapi tidak mencapai kesepakatan.

Akhirnya, keduanya pun mengajukan gugatan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Dalam gugatannya, Bambang dan Endang meminta ganti rugi materiil sebesar Rp 5,59 miliar dan immateril Rp 10 miliar.

Baca juga: Kenapa Indomaret dan Alfamart Banyak yang Berdekatan?

Mereka juga menuntut Alfamart dan BSS untuk mengadakan perjanjian kepada dirinya untuk melanjutkan pelaksanaan program atau kegiatan Tabungan Saku dan membaur pemberian imbalan selaku pemilik hak cipta.

Sementara itu Corporate Affair Director AMRT Solihin mengatakan, pihaknya cenderung mengikuti proses hukum yang ada.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X