Batu Lepe, Wisata Laut Baru di Kepulauan Anambas

Kompas.com - 03/05/2019, 10:08 WIB
Panorama senja di perairan Tarempa, Anambas, Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Selain memiliki pesona keindahan alam, letak strategis Anambas yang berada di perbatasan negara tetangga membuat wilayah ini rawan terjadi pelanggaran kedaulatan negara.KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Panorama senja di perairan Tarempa, Anambas, Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Selain memiliki pesona keindahan alam, letak strategis Anambas yang berada di perbatasan negara tetangga membuat wilayah ini rawan terjadi pelanggaran kedaulatan negara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Anambas, bersama SKK Migas, Medco EP Natuna, dan Premier Oil Natuna membuka kawasan Batu Lepe yang akan menjadi destinasi baru di kepulauan Anambas.

Batu Lepe menawarkan keindahan pemandangan laut di Anambas yang pesonanya tak diragukan lagi.

Untuk menuju Kepulauan Anambas, dapat ditempuh melalui Batam dengan jalur laut atau dari Pekanbaru menuju bandara komersial Letung dan Matak di Kepulauan Anambas.

Baca juga: Bandara Letung di Anambas Siap Menyambut Wisatawan

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M Atok Urrahman mengatakan, pembangunan kawasan wisata baru ini merupakan bentuk kepedulian industri hulu migas membantu pemerintah daerah, sekaligus sebagai komitmen tanggung jawab di daerah operasi migas.

"Ini sebagian komitmen kita untuk membangun pariwisata di wilayah perbatasan, sekaligus menjaga kedaulatan NKRI," ujar Atok dalam siaran pers, Jumat (3/5/2019).

Bagi masyarakat Kepulauan Anambas, kawasan wisata Batu Lepe memiliki keunikan. Batu Lepe memiliki arti batu datar dengan diameter 35 meter yang dapat dijadikan tempat untuk bersantai atau memancing.

Baca juga: Di Anambas, Konsorsium Investor Segera Operasikan Resort Wisata di Pulau Bawah

Dari Batu Lepe ini, pengunjung bisa melihat sunset sebagai latar belakang pemandangan laut Natuna yang berbatasan dengan tiga negara, yakni Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyebut potensi wisata Anambas sangat prospektif. Selain wisata laut, Kepulauan Anambas juga memiliki potensi terumbu karang dan salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia.

Setiap hari, banyak wisatawan asing menggunakan yacht singgah di Kepulauan Anambas untuk berlibur.

"Anambas juga memiliki potensi wisata budaya dan wisata sejarah pengungsi anak perahu Vietnam, yang kerap dikunjungi wisatawan asing," kata Abdul.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X