Pertamina Siagakan Layanan SPBU Modular hingga Mobile Dispenser selama Lebaran

Kompas.com - 15/05/2019, 06:16 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kemasan jenis Pertamax pada kendaraan pemudik di rest area Tol Salatiga-Kartasura KM 46+700, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/6). Berdasarkan data PT Pertamina (Persero), penjualan BBM kemasan maupun dengan mobile dispenser selama masa arus mudik Lebaran sejak Jumat (7/6) hingga Senin (11/6) mencapai sekitar 105 ribu liter BBM dengan didominasi oleh pembelian Pertamax sebanyak 93 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww/18. ADITYA PRADANA PUTRAPetugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kemasan jenis Pertamax pada kendaraan pemudik di rest area Tol Salatiga-Kartasura KM 46+700, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/6). Berdasarkan data PT Pertamina (Persero), penjualan BBM kemasan maupun dengan mobile dispenser selama masa arus mudik Lebaran sejak Jumat (7/6) hingga Senin (11/6) mencapai sekitar 105 ribu liter BBM dengan didominasi oleh pembelian Pertamax sebanyak 93 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww/18.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Pertamina telah melakukan persiapan terkait jumlah stok Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk menghadapi masa mudik lebaran tahun ini.

Selain mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU), Pertamina juga menyiapkan layanan lainnya seperti SPBU Modular, mobile dispenser, dan lainnya.

"Layanan BBM di Tol Jawa dan Sumatera belum ada SPBU Permanen, jadi dalam hal ini Pertamina menyiapkan SPBU Modular, kemudian Kiosk Kemasan Pertamax, Motor Kemasan," kata Manager PSO Fuel Retail PT. Pertamina Agus Taufik di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Agus mengatakan, sedangkan untuk jalur arteri atau reguler Pertamina sudah menyiapkan dan mengoperasikan SPBU untuk melayani pemudik. Ia yakin, pihaknya sudah siap melayani dan memenuhi kebutuhan BBM setiap jenis selama lebaran tshun ini.

"Insya Allah, tahun ini Pertamina siap untuk melayani kebutuhan BBM selama mudik dan balik," ujarnya.

Dia menyampaikan, Pertamina sudah melakukan perhitungan dan memprediksi terkait tingkat konsumsi BBM semua jenis selama lebaran nanti.

Sehingga sudah diketahui ada berapa besaran dan apakah ada peningkatan atau tidak.

"Jadi perkiraan peningkatan kebutuhan selama mengahdapi lebaran, untuk BBM diperkirakan ada kenaikan 15 persen, LPG 8 persen, dan avtur terjadi penurunan 15 persen dibandinkan tahun lalu," sambungnya.

Dikatakannya, selama masa satgas Idul Fitri 2019, Pertamina akan mengoperasikan 6.594 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia. Ini untuk melayani para pemudik yang bakal menempuh perjalanan.

Berikut rincian layanan yang dihadirkan Pertamina di setiap jalur mudik tahun ini:

SPBU

Jalur Pantura, 257 unit
Jalur Tol Jawa, 40 unit
Jalur Pantai Selatan (Pansela), 519 unit
Jalur Tol Sumatera, 437
Total: 1.257 unit

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X