Kuatkan Layanan Digital, Bank Mandiri Siapkan Rp 2,4 Triliun

Kompas.com - 16/05/2019, 23:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 4,8 triliun untuk 2019 ini. Dana ini akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur perusahaan, baik fisik, dan teknologi.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, mengungkapkan, tidak kurang dari 50 persen dana dari capex tersebut atau sekitar Rp 2,4 triliun, diplot untuk memperkuat layanan digital.

"Jadi yang Rp 2,4 triliun untuk IT, termasuk sistem, interfacing, dan kekuatannya. Sisanya, buat bangunan ada back, middle, dan front office," kata Hery dalam jumpa pers di Menara Mandiri, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: Terjadi Disrupsi, Begini Cara Bank Mandiri Hadapi Digital Banking

Hery menjelaskan, anggaran belanja tahun ini memang lebih besar untuk pengembangan teknologi. Bahkan, dilakukan shifting besar-besaran dari pembangunan dan layanan fisik ke digital dalam transaksi.

"Sekarang perbankan memang shifting, (sekitar) 80 juta transaksi per bulan sudah lewat channel elektronik. Transaksi di cabang tinggal 8-10 persen saja. Dan akan turun terus," ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya digitalisasi bank ini akan mengurangi kantor-kantor cabang Bank Mandiri di daerah. Apalagi, sejak Hery dua tahun belakangan ini pihaknya telah membangun sekitar100 sampai 120 cabang. Ini merupakan kombinasi cabang reguler maupun cabang mikro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tujuannya untuk dorong produktivitas. Dari 2.700 cabang itu kita ingin nambah produktivitas di dalamnya," imbuhnya.

Disebutkannya, mulai tahun lalu, pembangunan yang dilakukan Bank Mandiri berkurang cabang bank menjadi hanya 50 persen. Sedangkan untuk tahun ini pembukaan cabang bank hanya akan sekitar sepuluh unit saja.

Dengan berkurangnya pembukaan cabang, Bank Mandiri diharapkan bisa menghemat banyak pengeluaran.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.