KTA Digibank Disetujui dalam 1 Menit, Begini Cara Pengajuannya

Kompas.com - 20/05/2019, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DBS Indonesia menambah fitur baru di aplikasi DIgibank, yakni Kredit Tanpa Agunan Instan. Tanpa perlu menunggu berhari-hari, persetujuan bisa diberikan di hari yang sama dalam waktu 1 menit saja.

Executive Director Head of Consumer Finance PT Bank DBS Indonesia, Sonja Kristianti mengatakan, animo masyarakat sangat besar dalam pengajuan pinjaman online.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, dalam setahun belakangan, kenaikan pengajuan KTA mencapai 7 kali lipat.

"Dengan KTA Instan membuat proses pengajuan kredit jaug lebih mudah dan cepat. Ini akan mengatasi kendala calon nasabah untuk mendapat pinjaman," ujar Sonja di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Di tiga bulan pertama 2019, DBS Indoneisa menerima lebih dari 100.000 pengajuan kredit. Sonja optimistis fitur baru Digibank ini dapat mempercepat proses distribusi kredit dan memperluas jangkauan kepada calon nasabah.

KTA Digital memangkas sejumlah tahapan yang biasanya dilakukan saat mengajukan KTA secara manual. JIka dengan KTA manual, pengajuan harus melalui marketing bank, dengan Digibank, calon ansabah bisa melakukannya secara personal. Hal ini akan membuat mereka lebih nyaman.

Selain itu, keputusan persetujuan kredit juga dilakukan dalam waktu singkat karena sistem IT yang dibangun DBS Indonesia, termasuk berkoordinasi dengan Dukcapil untuk mengenali identitas calon nasabah melalui e-KTP.

"Melalui KTA Instan kami dapat menjangkau masyarakat lebih luas, di mana nasabah dapat mengajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja dengan waktu hanya 60 detik," kata Sonja.

Adapun maksimal pinjaman yang diberikan untuk pengajuan KTA secara online adalah Rp 30 juta. Sementara untuk KTA manual bisa mencapai Rp 300 juta. DBS tak menutup kemungkinan untuk menambah jumlah pinjaman jika pasar merespon positif fitur KTA Instan ini.

Dengan adanya pengajuan KTA online, doharapkan dapat mendongkrak pengajuan KTA di DBS Indonesia secara total hingga 15 persen.

"Diharapkan KTA instan bisa menyumbang 20 persen dari target penyaluran KTA bank DBS Indonesia. Kalau lewat digital kan bisa lebih cepat dan luas, juga lebih banyak yang mencoba," kata Sonja.

Setidaknya ada lima langkah mudah untuk mengajukan pinjaman KTA melalui Digibank, yaitu:

1. KTA Instan dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui website www. dbs.id.

2. Input data diri, jangan lupa siapkan KTP elektronik untuk validasi identitas. Persetujuan dilakukan dalam kurang dari 1 menit.

3. Download aplikasi Digibank untuk menampung dana pinjaman.

4. Verifikasi biometrik di aplikasi hanya dengan sensor jari, tanpa perlu tatap muka.

5. Jika sudah sesuai, dana akan langsung cair hari itu juga.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X