Transaksi Belanja di Shopee Meningkat 3 Kali Lipat di Awal Ramadhan

Kompas.com - 21/05/2019, 21:30 WIB
Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar (tengah) meluncurkan program Big Ramadan Sale usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/4/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar (tengah) meluncurkan program Big Ramadan Sale usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Momentum Ramadhan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku belanja online masyarakat. Shopee melihat peningkatan signifikan dalam transaksi belanja maupun traffic di aplikasi dan website.

Di awal minggu Ramadhan 2019, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat dibandingkan Ramadhan tahun lalu.

Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengatakan, berbeda dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang terpusat pada satu atau dua hari saja. Di bulan Ramadhan, oeningkatan transaksi hampir terjadi di setiap hari dan waktu promonya pun bisa lebih panjang.

Diketahui, Big Ramadhan Sale Shopee digelar mulai 22 April hingga 31 Mei 2019.

"Kalau orang di bulan Ramadhan banyak waktu kosong yang tadinya makan siang, lalu harus stay di kantor, ujung-ujungnya belanja," ujar Yanuar di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Di bulan Ramadhan, aktivitas masyarakat berbeda dibandingkan bulan-bulan biasa. Di bulan puasa orang akan bangun lebih pagi dan beraktibitas lebih siang. Selain itu, lebih banyak waktu lengang karena banyak aktivitas yang tak dilakukan, seperti makan siang atau ngopi cantik di sore hari. P

Perybahan perilaku ini berkontribusi pada meningkatnya jumlah aktivitas orang yang mengakses Shopee hingga 4 kali lipat dibandingkan bulan biasanya. Khususnya di pukul 03.00-05.00 WIB saat sahur hingga subuh, swrta saat ngabuburit menunggu berbuka puasa.

"Karena ketika orang bangun sahur, menyiapkan makanan, sambil makan, nunggu buka, itu pegang handphone. Main medsos sampai buka-buka e-commerce," kata Yanuar.

Di samping itu, Shopee juga menawarkan berbagai promo seperti Goyang Shopee, Serba Rp 10.000, dan gratis ongkir untuk semakin menarik minat pengguna. D

awal Ramadhan, Goyang Shopee dimainkan tiga kali lebih banyak dibandingkan bukan biasa. Sementara yang mengikuti promo Serba Rp 10.000 mencapai 3 juta pengguna.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X