Ada Aksi Massa, Layanan Penukaran Uang di Monas Tutup Sementara

Kompas.com - 22/05/2019, 13:27 WIB
Warga menukarkan uang di mobil kas keliling bank di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). Bank Indonesia dan bank umum menyelenggarakan penukaran uang baru dengan maksimal penukaran Rp3,9 juta per orang perhari mulai 13 Mei hingga 1 Juni 2019 guna membantu masyarakat mendapatkan uang pecahan selama Ramadhan dan kebutuhan Lebaran.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menukarkan uang di mobil kas keliling bank di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). Bank Indonesia dan bank umum menyelenggarakan penukaran uang baru dengan maksimal penukaran Rp3,9 juta per orang perhari mulai 13 Mei hingga 1 Juni 2019 guna membantu masyarakat mendapatkan uang pecahan selama Ramadhan dan kebutuhan Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) menutup sementara layanan kas kelilingnya di seluruh kawasan Jabodetabek termasuk layanan penukaran uang pecahan kecil di Lapangan IRTI Monas, Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan keterangan di akun Twitter-nya, bank sentral mengatakan, pembukaan kas keliling akan diinformasikan kemudian.

"Kegiatan Kas Keliling wilayah Jabodetabek hari ini tanggal 22/05/2019 tidak beroperasional, informasi kas keliling terkini akan diinformasikan melalui Twitter BI. #BInfo," tulis BI.

Baca juga: BI Siapkan 2.900 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran

Sebagai informasi, layanan penukaran uang di kawasan Lapangan IRTI Monas telah dibuka sejak 13 Mei lalu hingga 29 Mei nanti.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan, BI telah menyediakan layanan penukaran uang baru di 2.941 titik di seluruh Indonesia. Adapun untuk bisa menukarkan uang pecahan kecil baru, masyarakat diwajibkan untuk menunjukkan KTP.

Rosmaya menjelaskan, KTP diperlukan untuk mendata masyarakat yang telah menukarkan uang.

Sebab, setiap orang hanya memiliki satu kali kesempatan untuk menukarkan uang dalam jangka waktu tiga hari. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengurangi potensi munculnya kegiatan jual-beli uang baru yang marak menjelang Ramadhan.

Baca juga: Ingat, Bawa KTP untuk Tukar Uang Baru

Dalam setiap menukarkan uang, seriap orang dibatasi untuk bisa menukar maksimal Rp 3,9 juta.

 




Close Ads X