6 Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Kompas.com - 28/05/2019, 12:30 WIB
Ilustrasi kartu kredit duniabiza.com, Dok. HaloMoney.co,idIlustrasi kartu kredit
NEW YORK, KOMPAS.com - Memiliki kartu kredit memang memberikan Anda banyak kemudahan. Selain bisa membeli barang-barang atau layanan yang Anda idamkan, kartu kredit juga memberi banyak program reward yang bisa Anda manfaatkan.
 
Akan tetapi, bukan berarti pemakaian kartu kredit bebas risiko. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan baik-baik agar kartu kredit tidak jadi bumerang bagi kondisi keuangan Anda.
 
 
Dilansir dari The Balance, Selasa (28/5/2019), berikut ini adalah 6 kesalahan dalam penggunaan kartu kredit yang harus Anda hindari.
 
1. Telat bayar tagihan
 
Jangan sampai tenggat waktu pembayaran tagihan kartu kredit Anda lewat begiti saja. Bayarlah tagihan Anda tepat waktu, bila perlu buatlah pengingat di ponsel Anda. 
 
Sebab, keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit akan membuat Anda kena denda. Besaran denda tergantung berapa lama Anda menunggak tagihan.
 
Selain itu, keterlambatan membayar juga berdampak pada skor kredit dan tingkat kepatuhan Anda di mata bank.
 
 
2. Meminjamkan kartu kredit
 
Ketika Anda meminjamkan kartu kredit Anda ke orang lain, Anda tidak bisa mengontrol belanja yang dilakukan. Pada akhirnya pun Anda yang harus membayar tagihan.
 
Oleh karena itu, jangan pernah meminjamkan kartu kredit Anda kepada orang lain, kecuali Anda sudah mempersiapkan diri untuk membayar semua tagihan atas belanja si peminjam. 
 
3. Tidak membaca surat tagihan
 
Apabila Anda tidak membuka dan membaca surat tagihan kartu kredit, maka bisa saja Anda lupa membayar tagihan sesuai waktu yang telah ditentukan. Bisa juga Anda membayar tidak sesuai dengan jumlah yang tertera.
 
Selain itu, tidak membaca surat tagihan kartu kredit juga bisa membuat Anda melewatkan pengumuman penting terkait perubahan pada syarat dan ketentuan. 
 
Oleh karenanya, selalu baca surat tagihan kartu kredit Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan semua tagihannya akurat dan tagihan benar ditujukan kepada Anda.
 
 
4. Menunda lapor ketika kartu kredit hilang
 
Apabila Anda kehilangan kartu kredit, maka segeralah melapor. Sebab, semakin lama Anda melapor, maka sang pencuri memiliki peluang yang besar untuk menyalahgunakan kartu kredit Anda.
 
Jika Anda melaporkan kartu kredit dengan segera, Anda tidak akan bertanggung jawab atas tagihan tersebut. Laporkan kartu kredit yang hilang sesegera mungkin untuk membatasi tanggung jawab Anda atas tuduhan penipuan.
 
5. Mengajukan terlalu banyak kartu kredit
 
Jangan mengajukan terlalu banyak aplikasi kartu kredit dalam satu waktu tertentu. Sebab, jika Anda melakukan ini, aplikasi Akan sering ditolak. 
 
Pasalnya, bank akan mulai curiga lantaran ada bayak aplikasi kredit yang masuk dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, ajukanlah aplikasi kartu kredit satu per satu sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
 
6. Tidak tahu syarat dan ketentuan kartu kredit
 
Ketika memiliki kartu kredit, pastikan Anda juga mengetahui syarat dan ketentuannya. Semisal, ketahui bagaimana bank penerbit kartu kredit menangani keterlambatan pembayaran.
 
Tinjau syarat dan ketentuan kartu kredit setidaknya satu atau dua kali setahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X