PayLater atau Kartu Kredit, Mana yang Bunganya Lebih Rendah?

Kompas.com - 22/05/2019, 18:40 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PayLater merupakan fitur kredit limit atau pinjaman uang tanpa jaminan yang dapat digunakan pengguna dari aplikasi tertentu. Sejauh ini, diketahui aplikasi yang menggunakan metode PayLater adalah OVO dan Traveloka.

Fitur ini memungkinkan para pengguna membeli produk tertentu menggunakan dana talangan yang bisa dibayarkan belakangan. Untuk OVO, Anda bisa melakukan pembayaran di berbagai merchant yang bekerja sama dengan OVO maupun pembelian barang di Tokopedia yang sudah bermitra untuk pembayaran ini.

Untuk memanfaatkan PayLater, pengguna bisa memilih angsuran dengan skema bulanan, mulai dari jangka waktu 1-12 bulan untuk Traveloka dan kelipatan tiga bulan untuk OVO.

Hal yang mungkin banyak dipertanyakan adalah bunganya. Apakah sama dengan kartu kredit? Lebih kecil atau besar bunganya.

Baca juga: Tips Hemat Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit

Umumnya, bank konvensional memberikan bunga kartu kredit setiap bulannya sekitar 2,8-2,9 persen, seperri Bukopin, BRI, dan BCA. Sementara itu, baik PayLater di OVO dsn Traveloka mengenakan bunga berbeda tiap bulannya.

Berikut ulasan lengkap soal bunga PayLater di OVO dan Traveloka:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. OVO

Bunga bulanan PayLater OVO tak jauh beda dengan kartu kredit, yakni sebesar 2,9 persen dari nilai pembayaran atas transaksi yang menggunakan opsi cicilan OVO PayLater.

Pengguna akan dikenakan biaya admin oleh partner untuk pemakaian kredit limit sebesar 5 persen dari nilai transaksi. Sebagai catatan, pengguna hanya dapat melakukan transaksi maksimum sebesar kredit limit paling tinggi Rp 10 juta.

Setiap bulannya, pengguna akan mendapatkan tagihan pada tanggal 27 yang harus dibayarkan paling lambat pada tanggal 1 di bulan berikutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.