H-2 Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Balikpapan Naik 46,2 Persen

Kompas.com - 03/06/2019, 12:44 WIB
Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur, Berbenah Menyambut Musim Mudik Lebaran 2017 Sekaligus Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang Akan Mengecek Kesiapan Kapal Pemudik di Pelabuhan Tersebut, Sabtu (16/6/2017). KOMPAS.com/ MOH NADLIRPelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur, Berbenah Menyambut Musim Mudik Lebaran 2017 Sekaligus Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang Akan Mengecek Kesiapan Kapal Pemudik di Pelabuhan Tersebut, Sabtu (16/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan adanya peningkatan jumlah penumpang di beberapa titik pelabuhan penyeberangan selama periode Lebaran 2019.

Ketua Haruan Posko Mudik Nasional Kemenhub Sigit Irfansyah mengatakan, pelabuhan yang mengalami peningkatan jumlah penumpang secara signifikan pada periode mudik Lebaran kali ini adalah Pelabuhan Balikpapan.

Berdasarkan data Kemenhub pukul 09.00 hari ini, Senin (3/6/2019), jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Balikpapan berjumlah 39.293 orang. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka tersebut meningkat 46,2 persen.

"Di Pelabuhan Balikpapan jumlah pemumpang meningkat 46,2 persen, ke Surabaya. Sementara pelabuhan yang lain relatif normal jika dibanding dengan tahun sebelumnya," ujar Sigit di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kemenhub: Tidak Terjadi Puncak Kepadatan Ekstrem di Pelabuhan Merak

Sementara, penyeberangan Merak-Bakauheni yang sempat mengalami kepadatan beberapa hari yang lalu kini mulai melandai. Arus mudik di Pelabuhan Merak-Bakauheni sudah melewati puncaknya, serta tidak ada penumpukan kendaraan yang akan menyeberang.

Sigit mengatakan, keberadaan Tol Trans Sumatera membuat arus penyeberang yang tahun lalu masih terkonsentrasi di malam hari kini sudah terbagi di pagi hari.

"Kalau tahun lalu kita bicara penyeberangan malam hari dan jalan pagi hari di Sumatera, dengan adanya tol Terbanggi Besar orang pede. Bisa berangkat pagi, siang hari bisa tembus ke Lampung," ujar Sigit.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X