Luhut: Penurunan Harga Tiket Tak akan Buat Maskapai Bangkrut

Kompas.com - 21/06/2019, 18:34 WIB
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. TRIBUNJATIM.com/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTIMenko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meyakini, penurunan harga tiket pesawat tidak akan menekan maskapai.

Apalagi kata mantan Komandan Satgas Tempur Khusus Koppasus di Timor Timur itu, sampai membuat maskapai bangkrut.

"Ya enggak (akan bangkrut) Ini kami pelihara supaya dia tidak sampai bangkrut," ujarnya di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Sudah sejak lama kata dia, maskapai di Indonesia mengalami inefisiensi dalam hal bisnisnya. Inefisiensi mulai dari pembelian pesawat, hingga akibat biaya bahan bakar atau avtur.

Baca juga: Tarif Penerbangan Murah Turun, Efektif Pekan Depan

Saat ini sebut Luhut, pemerintah sedang berupaya untuk membuat maskapai lebih efisien. Salah satu caranya yakni dengan menghilangkan sejumlah pajak kepada maskapai.

"Kemenkeu sudah setuju untuk dihilangkan. Jadi efisiensi itu kita lakukan, bisa saya kira menurunkan harga tiket," kata dia.

Sebelumnya usai rapat koordinasi, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, maskapai berbiaya murah atau LCC akan menurunkan harga tiket pada pekan depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X