Tarif Penerbangan Murah Turun, Efektif Pekan Depan

Kompas.com - 20/06/2019, 15:34 WIB
ilustrasi bandara Shutterstockilustrasi bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan akan menurunkan harga tiket pesawat penerbangan murah atau low cost carrier ( LCC) dengan jadwal tertentu.

Namun, penurunan harga tiket pesawat LCC tersebut baru akan efektif pada pekan depan.

"Pelaksanaan dari kebijakan ini baru akan dilaksanakan efektif seminggu kemudian setelah diumumkan oleh masing-masing maskapai terkait," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Darmin menjelaskan, penurunan harga tiket pesawat ini hanya berlaku untuk penerbangan domestik saja. Selain itu, penurunan harga tiket ini juga hanya berlaku di jadwal-jadwal tertentu saja.

Baca juga: Pemerintah Akan Turunkan Tarif Penerbangan LCC

"Tentu karena penerbangan tertentu saja yang dapat keringanan itu ada batasnya. Kalau misalnya (penurunan harga untuk penerbangan) siang, ya berarti enggak bisa milih (penerbangan) pagi," kata Darmin.

Darmin mengaku pemerintah dalam mengambil keputusan ini pun telah mempertimbangkan keberlangsungan industri penerbangan nasional. Dia tak ingin kebijakan yang diambil pemerintah membebani para maskapai.

"Kita melihat dengan ini menjawab harapan masyarakat untuk bisa terbang dengan biaya yang lebih terjangkau, tapi maskapainya juga suistanbility-nya terjaga," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X