Diminta DPR Perhatikan Harga Ayam yang Anjlok, Ini Kata Menko Darmin

Kompas.com - 25/06/2019, 17:00 WIB
Peternak ayam di Sumedang, Jawa Barat mengeluhkan anjloknya harga jual ayam potong di tingkat peternak, Senin (25/2/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.comKOMPAS.com/AAM AMINULLAH Peternak ayam di Sumedang, Jawa Barat mengeluhkan anjloknya harga jual ayam potong di tingkat peternak, Senin (25/2/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Gerindra Bambang Haryo meminta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk memerhatikan harga ayam potong yang anjlok di beberapa daerah di Jawa.

Bambang yang juga merupakan anggota Badan Anggaran DPR RI pun mengaku menemukan kasus kartel penjualan ayam yang dijual Rp 7.000 dari peternak, namun di pasar dijual dengan harga Rp 29.000.

"Saya tadi sampaikan ke WA Bapak ada harga pangan ayam, dari peternak Rp 7.000 diterima, tapi dijual di pasar dengan harga Rp 29.000, jadi kartel pangan itu harus dihilangkan semua Pak," kata Bambang ketika rapat kerja dengan empat Kementerian Koordinator di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Harga Ayam Ras Anjlok, Peternak Menjerit

Menanggapi hal tersebut, Darmin menilai wajar harga ayam yang anjlok. Sebab, hal serupa juga terjadi untuk beberapa komoditas lain seperti cabai.

Namun, dia menjamin peristiwa anjloknya harga komoditas tertentu tidak akan berlarut-larut.

"Artinya ini tentu ada macam-macam pedagang yang inginnya banyak. Tapi ya dia tidak bisa melakukan itu terus-menerus, ada sekali waktu," ujar dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X