Unjuk Kekuatan Ekonomi Pasifik, 5 Provinsi Indonesia Timur Ikuti Pacific Exposition 2019

Kompas.com - 26/06/2019, 11:01 WIB
Dubes Tantowi Yahya bersama  bersama para Dubes dan Komisi Tinggi negara-negara Pasifik di Wellington.DOK KBRI Wellington Dubes Tantowi Yahya bersama bersama para Dubes dan Komisi Tinggi negara-negara Pasifik di Wellington.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak lima provinsi Indonesia di kawasan timur, yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur akan mewakili Indonesia dalam pameran internasional bertajuk "The 1st Pacific Exposition 2019".

Pameran atas inisiatif Indonesia ini akan diselenggarakan di Auckland, Selandia Baru, tanggal 11-14 Juli 2019. Pasifik Exposition didukung penuh oleh Pemerintah Australia dan Selandia Baru dalam rangka menjadikan Pasifik sebagai kekuatan ekonomi baru.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (26/6/2019), Duta Besar RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya, mengungkapkan partisipasi kelima provinsi tersebut di Pacific Exposition ini merupakan terobosan dalam konteks hubungan Indonesia bagian timur dengan Pasifik.

Baca juga: Konser Persahabatan Indonesia-Selandia Baru Menggema di Opera House Wellington

“Ini momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia akan tampil bersama seluruh bangsa Pasifik dalam melakukan promosi perdagangan, investasi, dan pariwisata secara bersama” kata Dubes Tantowi.

Sebagai bagian dari Pasifik, selain promosi dagang, partisipasi kelima provinsi tersebut juga akan dalam bentuk penampilan seni dan budaya yang lekat dengan budaya kawasan ini.

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid, memaparkan alsan mengapa 5 provinsi Indonesia di kawasan timur tersebut dilibatkan dalam pameran ini.

Baca juga: Di Puncak Gunung Wellington, Cara Menikmati Dua Wajah Kota Hobart

"Indonesia Timur memiliki keindahan alam dan budaya yang unik yang berbeda dari tempat lain di Indonesia karena secara geografis terletak di Samudera Pasifik. Melalui partisipasi kelima provinsi tersebut, Indonesia akan menunjukkan kepada dunia bagaimana budaya Pasifik juga berkembang pesat di Indonesia," kata Hilmar. 

Indonesia juga memiliki modal besar, yakni sumber daya manusia. Di lima provinsi di sebelah timur itu penduduknya juga orang Melanesia yang jumlahnya melampaui jumlah penduduk negara-negara Pasifik secara keseluruhan. "Dan di Indonesia kebudayaan Melanesia ini terus dilestarikan oleh para pemangku kepentingan," kataHilmar.


Akses ke pasar Pasifik

Presiden Jokowi dalam rapat Kabinet terbatas beberapa waktu lalu memberikan arahan kepada beberapa Menteri untuk mulai memberikan perhatian kepada Pasifik. 

Pameran yang akan berlangsung di Auckland ini adalah manifestasi dari keinginan Presiden tersebut dan berjalan searah dengan tekad beliau untuk membangun Papua dan kawasan timur Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam siaran pers tersebut mengungkapkan, Pacific Exposition adalah upaya yang kita bangun dalam rangka menciptakan hubungan dan jaringan sesama negara di Pasifik di mana termasuk Indonesia di dalamnya.

"Kita akan memanfaatkan momentum ini untuk menawarkan dan mempromosikan seluruh potensi ekonomi, investasi, dan pariwisata Indonesia bagian timur ke Pasifik," kata Retno.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X