Pertamina Siapkan 21.861 Kiloliter Avtur untuk Penerbangan Haji

Kompas.com - 07/07/2019, 15:35 WIB
Ilustrasi: Pesawat sedang mengisi avtur shutterstockIlustrasi: Pesawat sedang mengisi avtur

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyiapkan pasokan Avtur, bahan bakar pesawat udara hingga 21.861 kiloliter (kl) untuk mendukung keutuhan pemberangkatan haji dari Bandara Soekarno Hatta.

Jumlah tersebut naik hampir 6 persen dibanding pasokan Avtur untuk musim haji tahun 2018.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan, terdapat dua maskapai akan mengantarkan para jamaah Haji asal Banten, Jakarta dan sebagian area Jawa Barat, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Adapun perjalanan haji dari Bandara Soekarno Hatta dimulai hari ini, Minggu (7/7/2019).

Baca juga: Garuda Siapkan 14 Pesawat untuk Angkutan Jemaah Haji 2019

"Penyaluran Avtur terbagi dalam 2 fase. Pada fase pertama, yakni 7 Juli hingga 5 Agustus 2019 konsumsi Avtur diprediksi lebih dari 10 ribu kl," ujar Dewi dalam keterangan tertulisnya.

Adapun penyaluran avtur fase kedua diperuntukkan bagi Garuda Indonesia yang akan disalurkan pada 18 Agustus sampai 5 September 2019.

Sedangkan Saudi Arabia akan berlangsung pada 17 Agustus hingga 14 September 2019 dengan dengan proyeksi pasokan pada fase 2 sekitar 11,7 ribu KL.

"Pertamina memastikan ketersediaan pasokan Avtur untuk menyongsong keberangkatan haji. Sarana dan fasilitas Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Soekarno Hatta International Airport (SHIPS) siap memaksimalkan pelayanannya terutama untuk mendukung kelancaran perjalanan," ujar Dewi.

"Bagi para jemaah, selamat menunaikan ibadah haji. Semoga perjalanannya lancar hingga kembali ke Tanah Air dan menjadi haji mabrur," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X