Sasar UMKM, OJK Berharap Ekosistem Fintech Terhubung E-Commerce

Kompas.com - 09/07/2019, 20:32 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) menilai, ekosistem financial technology atau Fintech harusnya memiliki ekosistem yang dekat dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Salah satu caranya yakni dengan masuk ke dalam ekosistem perdagangan elektronik atau e-commerce yang susah berkembang di Indonesia.

"Yang OJK harapkan P2P landing itu ekosistemnya harusnya terhubung dengan e-commerce," ujar Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Financial Technology OJK Bintang Prabowo dalam seminar di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Fintech punya peluang besar untuk membantu para UMKM berkembang dengan memberikan pembiayaan atau permodalan.

Saat ini, dari 63 juta UMKM, baru 30 persen yang sudah memiliki akses terhadap permodalan baik dari bank maupun lembaga non-bank.

Menurut Bintang, salah satu cara menggaet UMKM yakni bermitra dengan e-commerce yang merupakan tempat berkumpul banyak UMKM.

"UMKM itu paling banyak itu dimana? (e-commerce). Kebutuhan pendanaan e-commerce itu tidak semua terdanai kan, oleh karena itu ini harus sudah terkoneksi," kata dia.

"Sepengetahuan saya, ada beberapa yang sudah, tinggal pengembangan ke depannya," sambung dia



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X