Kompas.com - 10/07/2019, 16:30 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin di Parlimen Malaysia, Kuala Lumpur, Rabu (10/7/2019). Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu, salah satunya isu kelautan.

Tan Sri Yassin menuturkan, pertemuan tersebut membincangkan kerja sama kedua negara, termasuk terkait kelautan. Selain itu, beberapa isu pun berusaha ditangani, meski ia tak menjelaskan permasalahan yang dimaksud.

"Jadi kami telah berbincang agak santai tentang beberapa isu tertentu. Secara umum kita tidak ada masalah yang besar antara kedua negara," kata Tan Sri Yassin.

Baca juga: Susi: 10.000 Kapal Pelaku Illegal Fishing Telah Angkat Kaki dari Indonesia

Ia menyebut, sebelumnya Pemerintah Indonesia dan Malaysia sudah menyepakati nota kesepahaman terkait penanganan krisis kelautan dan perikanan. Kerja sama tersebut sudah berjalan baik.

Sementara itu, Susi menyatakan pertemuan ini akan meningkatkan kerja sama antara kedua negara. Selain itu, permasalahan yang terjadi pun diupayakan untuk segera diselesaikan.

Adapun Susi menyebut, salah satu kerja sama yang dimaksud adalah terkait perbatasan kedua negara. Selain itu adalah permasalahan penangkapan ikan ilegal.

"Misalnya nelayan Indonesia masuk terlalu jauh ke (wilayah perairan) Malaysia. Nelayan Malaysia masuk terlalu jauh. Ada juga gray area (perairan)," terang Susi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.