Utang China Tembus 300 Persen dari PDB

Kompas.com - 18/07/2019, 16:37 WIB
Ilustrasi bendera China. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera China.

BEIJING, KOMPAS.com - Utang China telah menembus 300 persen dari produk domestik bruto (PDB). Ini menurut data Institute of International Finance (IIF).

Dilansir dari Reuters, Kamis (18/7/2019), total utang korporasi, rumah tangga, dan pemerintah China meningkat menjadi 303 persen dari PDB pada kuartal I 2019. Angka ini lebih tinggi dibandingkan 297 persen pada periode yang sama tahun 2018.

Data tersebut berdasarkan laporan IIF yang dirilis pekan ini, yang menyoroti kenaikan tingkat utang global. IIF merupakan asosiasi industri finansial global swasta yang berpusat di Washington DC.

"Sementara upaya otoritas untuk menekan pinjaman shadow banking (khususnya bagi perusahaan-perusahaan kecil) telah mendorong pengurangan utang korporasi nonfinansial, pinjaman bersih di sektor lain telah membuat total utang China mencapai lebih dari 40 triliun dollar AS atau sekitar 15 persen dari total utang global," tulis IIF dalam laporannya.

Baca juga: Turun, Utang Pemerintah Capai Rp 4.570,17 Triliun pada Juni 2019

Pertumbuhan ekonomi China melambat menjadi 6,2 persen pada kuartal II 2019. Angka ini merupakan level terendah dalam 27 tahun, sejalan dengan perlambatan di dalam negeri dan luar negeri dan dampak tekanan perang dagang AS.

Untuk menghidupkan kembali investasi dan melindungi lapangan kerja, pemerintah China telah mendorong perbankan menyalurkan kredit lebih tinggi, khususnya bagi perusahaan kecil yang terlunta-lunta. Pemerintah China juga memangkas pajak dan menggelontorkan belanja infrastruktur.

Sepanjang semester I 2019, total emisi obligasi pemerintah daerah mencapai 2,1765 triliun yuan atau 316,5 miliar dollar AS, kata Kementerian Keuangan pada Selasa (16/7/2019) lalu.

Berulang kali, pemerintah China menyatakan risiko utang secara umum dapat dikelola dengan baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X