Usai Keputusan BI, Pemerintah Ingin Bunga Kredit Bank Turun

Kompas.com - 19/07/2019, 14:52 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengharapkan bank-bank menurunkan bunga kredit setelah Bank Indonesia menurunkan suku bunganya.

Dalam rapat dewan gubernur (RDG) bulanan, BI memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate (BI 7 day RRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen.

Baca: Penurunan Suku Bunga Acuan BI Bakal Turunkan Bunga Kredit Bank, Kapan?

"Pemerintah sudah (berikan insetif), kemudian sekarang BI, ya mudah-mudahan nanti OJK juga," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

"Ya artinya dia bisa melakukan untuk mendorong (agar bunga kredit bank turun), ya misalnya," sambung Darmin.

Mantan Gunernur Bank Indonesia itu menilai, kebijakan pelonggaran yang dilakukan BI bisa membuka ruang untuk memperbanyak kredit di sektor keuangan.

Sebab harusnya penurunan suku bunga acuan BI juga disusul oleh penurunan bunga di perbankan. Kini pemerintah mengharapkan hal itu terjadi.

"BI melakukan itu karena dia lihat ada ruang untuk itu, ya itu bagus kan, memang dunia ini sedang melonggarkan (kebijakan moneternya)," ucap Darmin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X