Kasus Penipuan Program Poin di Pontianak, Ini Tanggapan Traveloka

Kompas.com - 20/07/2019, 06:17 WIB
Polda Kalbar menggelar konferensi pers terkait dugaan penipuan berkedok penerimaan poin Traveloka di Mapolda Kalbar, Jumat (17/7/2019). KOMPAS.com/HENDRA CIPTAPolda Kalbar menggelar konferensi pers terkait dugaan penipuan berkedok penerimaan poin Traveloka di Mapolda Kalbar, Jumat (17/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 100 warga Pontianak menjadi korban penipuan dan penyalahgunaan data pribadi berkedok poin biro perjalanan online Traveloka.

Kepada Kompas.com, Traveloka pun memberikan tanggapan dan menegasan bahwa pihaknya tidak pernah mengadakan program yang dimaksud.

"Sehingga hal tersebut adalah resmi penipuan yang mengatasnamakan Traveloka," ujar Senior Vice President of Payment Product Traveloka Stefani Herlie di, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Stefani  mengatakan, Traveloka sangat menekankan segi keamanan dalam setiap produk dan layanan pembayarannya.

Baca juga: Heboh Kasus Penyalagunaan Data Pribadi di Pontianak, Catat Imbauan OJK Ini

Meski begitu ia mengimbau para masyarakat lebih berhati-hati saat mendengar program yang mengatasnamakan Traveloka. Apalagi sudah yang sudah menyangkut transaksi.

"Kami senantiasa mengimbau pengguna untuk tidak mudah tergiur tawaran tersebut dan menjaga kerahasiaan akun dan password pengguna," kata dia

Bila ada aktivitas mencurigakan seputar transaksi, Stefeni meminta masyarakat untuk segera melaporkan ke Traveloka.

Hal ini penting untuk menghindari upaya penipuan yang berpotensi penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami berterima kasih kepada pihak berwajib yaitu, Polda Kalimantan Barat serta para korban yang telah melaporkan kejadian ini, hingga akhirnya pelaku dapat ditindak lanjuti," ucapnya.

Baca juga: Yuk, Cek Fitur Cekrekening.id untuk Cegah Penipuan Online

Sebelumnya, lebih dari 100 warga Pontianak menjadi korban penipuan dan penyalahgunaan data pribadi berkedok poin travel online Traveloka. Beberapa korban di antaranya yakni para driver ojek online.

Kepolisian sudah menangkap Rusdi Hardanto (36) yang diduga sebagai dalang kasus penipuan berkedok penerimaan poin Traveloka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X