Jangan Berikan Kartu Kredit pada Anak Anda, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/07/2019, 10:43 WIB
Ilustrasi kartu kredit. Jangan berikan kartu kredit pada anak-anakShutterstock Ilustrasi kartu kredit. Jangan berikan kartu kredit pada anak-anak

KOMPAS.com - Saat ini banyak orangtua yang memberikan kartu kredit kepada anak-anak mereka. Alasannya agar anak-anak mereka mendapat skor kredit yang lebih baik untuk masa depan bila digunakan dengan bijaksana.

Tetapi, menurut Kevin O'Leary, seorang miliarder dan bintang program televisi Shark Tank mengatakan, hal itu salah. Alih-alih memberikan kartu kredit, lebih baik anak-anak diberikan kartu debit.

“Kapan anak-anak bisa mendapatkan kartu kredit? Tidak akan pernah," kata Kevin O'Leary dikutip CNBC, Selasa (30/7/2019).

Baca juga: Simak Tips Berikut agar Terhindar dari Penipuan Kartu Kredit

"Alih-alih memberikan kartu kredit, sebagai gantinya mereka lebih baik menggunakan kartu debit dan ajarkan tidak boleh membelanjakan barang apapun dengan kredit," katanya.

Kenapa O'Leary menyarankan demikian? Sebab suku bunga kartu kredit amat besar. Terlebih anak-anak belum bisa berpikir matang. Jika Anda saja yang sudah dewasa masih terjebak ingin menggunakan kartu kredit saat belanja, apalagi anak-anak.

“Faktanya, suku bunga kartu kredit sangat besar. Membayar begitu banyak bunga terlalu gila," sebut dia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X