Investasi Reksa Dana Syariah, Bisa Mulai Beli dari Berapa Rupiah?

Kompas.com - 30/07/2019, 11:48 WIB
Foto ilustrasi reksa dana Josephus PrimusFoto ilustrasi reksa dana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ragam investasi syariah banyak ditawarkan secara online. Salah satunya yakni investasi reksa dana syariah yang dijual di aplikasi belanja online (e-commerce).

Misalnya saja reksa dana syariah yang ditawarkan oleh dua raksasa e-commerce Indonesia yakni Tokopedia dan Bukalapak di menu investasinya.

Reksa dana syariah adalah reksa dana yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Baca juga: Mau Investasi Reksa Dana Syariah? Ini Ragam Pilihannya di E-Commerce

Berbeda dengan konvensional, manajer investasi reksa dana syariah hanya akan menginvestasikan portofolio pada efek-efek yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Saat ini tercatat ada delapan produk reksa dana syariah yang ditawarkan oleh kedua e-commerce Tokopedia dan Bukalapak. Mulai dari reksa dana pasar uang hingga saham.

Lantas mulai berapa rupiah reksa dana syariah di e-commerce bisa dibeli?

Tidak perlu pusing butuh banyak uang untuk memulai investasi reksa dana syariah. Sebab pembelian produk bisa dilakukan dengan uang yang relatif sedikit.

Baca juga: Suku Bunga Turun, Pilih (Reksa Dana) Saham atau Obligasi ?

Dari berbagai produk tersebut, reksa dana pasar uang merupakan yang termurah. Reksa dana tersebut bisa dibeli mulai Rp 10.000 saja, sementara maksimal bisa mencapai Rp 2 miliar.

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang punya risiko rendah dibandingkan reksa dana campuran atau reksa dana saham.

Sementara itu untuk reksa dana saham, pembelian produk investasi tersebut bisa diakukan mulai Rp 50.000 untuk beberapa produk dan Rp 100.000 untuk produk tertentu.

Lantaran risikonya yang tinggi, reksa dana saham memiliki fluktuasi nilai yang lebih dinamis ketimbang reksa dana pasar uang. Hal ini bisa berdampak pula pada imbal hasil.

Nah sekarang Anda sudah tahu kan bahwa investasi bisa dimulai meski uang pas-pasan sekalipun. Jadi tunggu apa lagi, yuk investasi demi masa depan keuangan yang lebih baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X