31 Investor Diberi Tax Holiday, Ada yang dari Yurisdiksi Surga Pajak

Kompas.com - 01/08/2019, 08:58 WIB
Ilustrasi pajak THINKSTOCKS/WAVEBREAKMEDIA LTDIlustrasi pajak

BADUNG, KOMPAS.com - Fasilitas pembebasan pajak atau tax holiday Indonesia mulai diminati oleh para investor. Terjadi kenaikan jumlah investor yang mendapatkan fasilitas tersebut.

Sepanjang 2019 ini saja, 21 investor sudah mendapatkan fasilitas tersebut. Angka ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya 10 investor.

"Jadi total ada 31 investor yang dapat tax holiday (sejak 2018). Sebanyak 29 itu penanaman modal baru dan 2 perluasan usaha," ujar Direktur Peraturan Perpajakan II Yunirwansyah, Badung, Bali, Rabu (31/7/2019).

Baca: Pemerintah Tarik Investor dengan "Tax Holiday"

Sebanyak 31 investor itu berasal dari berbagai negara atau yurisdiksi diantaranya berasal dari salah satu yurisdiksi surga pajak atau tax heaven yakni British Virgin Island.

Sementara sisanya berasal dari Indonesia, China, Singapura, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Belanda, dan Thailand.

Dari sisi sektor, para investor itu bergerak di bidang infrastuktur listrik, industri logam dasar hulu, industri petrokimia, hingga industri kimia dasar organik.

Total rencana investasi 31 investor yang mendapatkan tax holiday mencapai Rp 354,7 triliun. Investasi tersebut mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Sementara itu diyakini investasi tersebut akan menciptakan penyerapan tenaga kerja hingga 22.037 orang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X