Ini 4 Tanda HRD Tidak Terkesan saat Wawancara Anda

Kompas.com - 09/08/2019, 09:22 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

NEW YORK, KOMPAS.com - Dalam proses melamar kerja, saat-saat wawancara kerja dan menunggu hasilnya kerap amat mendebarkan.

Sambil menunggu, Anda harus tahu ada banyak maksud yang dikatakan HRD pada saat interview meskipun kata-kata yang diucapkan membuat Anda berharap. Ketauhilah, HRD dilatih untuk memastikan kata-kata dan tindakannya tidak menunjukkan segala jenis bias pribadi.

Jadi, mungkin saja kata-kata positif yang diucapkan bermaksud lain. Ini saatnya Anda memecahkan kode HRD yang artinya samar-samar.

Karena memahami apa yang sebenarnya dimaksudkan HRD dapat membantu Anda mempersiapkan diri secara mental untuk yang terbaik maupun yang terburuk. Yang lebih penting, Anda akan tahu kapan saatnya Anda mulai mencari peluang lain.

Baca juga: Simak, 5 Pertanyaan Kunci yang Ditanyakan HRD saat Wawancara Kerja

Dikutip dari CNBC, Jumat (9/8/2019), berikut beberapa hal paling umum yang dikatakan HRD jika tidak terkesan dengan wawancara Anda.

1. Kami akan menghubungi Anda

Jika HRD mengatakan "Kami akan menghubungi Anda," mungkin HRD merasa tidak tertarik dengan wawancara Anda. Jika HRD merasa Anda tidak cocok untuk peran itu, mereka akan membuat tanggapan sesingkat mungkin.

Kadang-kadang, bila HRD telah melontarkan kata-kata seperti itu, Anda mungkin tidak mendapat kabar sama sekali dari mereka bahkan setelah posisi diisi.

Namun, hal itu tergantung pilihan kata yang mereka lontarkan. Kata-kata seperti "Saya akan segera menghubungi Anda," menunjukkan lebih banyak janji.

2. Saya tidak ingin mengambil terlalu banyak waktu Anda

Secara umum, wawancara tatap muka berlangsung sekitar 45 menit atau lebih, jadi itu pertanda buruk jika pertemuan Anda dijadwalkan selama satu jam tetapi dipotong pendek.

Namun, jangan cepat menyerah jika ini terjadi. Anda mungkin mendapat manfaat jika meningkatkannya dan berupaya lebih banyak menunjukkan keterampilan Anda selama wawancara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X