Pameran di Jepang, KKP Catat Nilai Potensi Transaksi Ekspor Perikanan 42,62 Juta Dollar AS

Kompas.com - 28/08/2019, 11:59 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ikut serta dalam Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) yang berlangsung pada 21 ? 23 Agustus 2019 di Tokyo Big Sight dok KKPKementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ikut serta dalam Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) yang berlangsung pada 21 ? 23 Agustus 2019 di Tokyo Big Sight

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) ikut serta dalam pameran Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) di Jepang.

Keikutsertaan KKP dalam JISTE ini telah menghasilkan nilai potensi transaksi sebesar 42,62 juta dollar AS, meningkat 14,67 persen dibanding potensi transaksi pada pameran tahun 2018.

"Memang pameran JISTE ini bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk perikanan ke pasar Jepang dan membuka peluang baru ekspor produk perikanan Indonesia di pasar internasional," kata Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Machmud, dalam siaran pers, Rabu (28/8/2019).

"Apalagi, Jepang merupakan mitra dagang utama kedua sebagai negara tujuan ekspor produk perikanan Indonesia setelah Amerika Serikat," imbuh Machmud.

Nilai transaksi Jepang sudah mencapai 676,58 juta dollar AS, meningkat 13,92 persen dari total nilai ekspor perikanan Indonesia tahun 2018.

Adapun produk yang diminati para pembeli antara lain udang jenis windu dan vaname, tuna segar dan beku, gurita, produk olahan berbasis surimi, serta unagi kabayaki. Para pembeli berasal dari Jepang, AS, China, Mexico, Taiwan dan Oman.

Sebagai informasi, total nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada tahun 2018 mencapai 4,86 milyar dollar AS.

Selain Jepang, tujuan utama pasar produk perikanan Indonesia lainnya adalah Tiongkok dengan transaksi 675,9 juta dollar AS, ASEAN 520,1 juta dollar AS, dan Uni Eropa 382,7 juta dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X