Millenial, Kelola Uang dengan 4 Produk Investasi Ini

Kompas.com - 30/08/2019, 13:11 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mengelola keuangan sangat mudah karena pesatnya perkembangan teknologi, termasuk mengelolanya di dalam instrumen investasi. Teknologi mempermudah siapa pun memulai berinvestasi kapanpun dan dimanapun.

Ada berbagai instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan di era digital, bahkan dengan modal yang minim sekalipun. Hal ini tentu sangat cocok untuk Anda yang baru terjun ke dunia investasi, tidak terkecuali millenial.

Berikut ini beberapa instrumen investasi ala Tokopedia yang dapat menjadi pilihan bagi generasi muda:

1. Investasi Reksa Dana

Bagi pemula dalam dunia investasi, reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan. Selain karena mudah dan risikonya relatif lebih rendah, reksa dana merupakan pilihan investasi yang tepat bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Melalui investasi reksa dana, generasi muda dapat membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI). MI ini bertugas untuk mengelola investasi Anda di berbagai portofolio investasi produk, seperti obligasi, deposito, dan saham.

Apalagi, reksa dana bisa dimulai dengan nominal yang rendah. Pun saat ini sudah banyak platform e-commerce yang memungkinkan masyarakat membeli produk reksa dana dengan mudah, seperti Tokopedia misalnya.

2. Investasi Saham

Saham  merupakansalah satu instrumen investasi yang paling populer. Saham sendiri dapat diartikan sebagai satuan nilai yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. 

Ketika seseorang membeli saham suatu perusahaan, maka orang tersebut telah memiliki hak atas aset dan pendapatan perusahaan dengan porsi sebesar saham yang dibeli.

Tidak seperti reksa dana, saham merupakan produk investasi yang memiliki risiko cukup tinggi, namun sebanding dengan imbal hasil yang bisa didapatkan.

Nah, bagi Anda generasi milenial yang ingin berinvestasi saham, analisis fundamental saham sebaiknya dipelajari terlebih dahulu. Pahami juga risiko dan sesuaikan dengan portofolio Anda. Biasanya generasi millenial cenderung memilih saham dengan risiko tinggi dan agresif. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X