Ingin Tenang saat Liburan ke Luar Negeri, Ini 5 Cara Hemat Pengeluaran

Kompas.com - 02/09/2019, 18:00 WIB
ilustrasi liburan Shutterstockilustrasi liburan

LONDON, KOMPAS.com - Liburan menjadi pemting bagi Anda untuk melepas penat di tengah padatnya aktivitas.

Liburan pun bisa dilakukan bersama keluarga, sahabat, pasangan, maupun sendiri.

Selain pentingnya merencanakan liburan, penting juga bagi Anda merencanakan keuangan saat liburan. Tak hanya berhemat, perencanaan keuangan yang baik untuk liburan juga menghindarkan Anda dari pengeluaran-pengeluaran tak terduga.

Nah, apa saja komponen yang bisa dihemat kala liburan?

Baca juga: Kiat Praktis Mengumpulkan Dana untuk Liburan

Dikutip dari Good Housekeeping UK, Senin (2/9/2019), berikut ini adalah 5 di antaranya.

1. Susun anggaran

Buatlah daftar hal-hal pengeluaran Anda selama liburan, seperti makanan, minuman, transportasi, oleh-oleh, membeli produk perawatan kulit, dan lain-lain. Kemudian, buatlah batasan maksimal pengeluaran Anda.

Agar tetap patuh pada anggaran, lacak dan rekam pengeluaran Anda dengan menggunakan smartphone. Di Google Play atau App Store, ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk merekam dan melacak pengeluaran.

2. Cermat gunakan kartu

Saat liburan, Anda bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Namun, Anda juga bisa menggunakan fitur kurs ganda pada kartu Anda yang disediakan oleh sejumlah bank.

Penggunaan kartu pembayaran secara cermat dapat membantu Anda tetap patuh pada anggaran dan memudahkan Anda melakukan transaksi di luar negeri tanpa biaya atau dengan biaya yang relatif kecil.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kartu kredit yang ramah untuk liburan. Sebab, kartu kredit khusus liburan ini memberikan beragam fitur dan promosi yang menarik yang dapat Anda gunakan ketika berlibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X