Hutama Karya Targetkan Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Awal 2020

Kompas.com - 05/09/2019, 14:29 WIB
Direktur Utama PT Hutama Karya (HK) Persero, Bintang Perbowo memberi penjelasan dalam sebuah diskusi di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGADirektur Utama PT Hutama Karya (HK) Persero, Bintang Perbowo memberi penjelasan dalam sebuah diskusi di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan jalan Tol Pekanbaru-Dumai bisa beroperasi pada awal 2020 mendatang.

Tol sepanjang 131 kilometer (km) itu kini progres konstruksinya sudah mencapai 58,70 persen dan pengadaan lahan sekitar 96,61 persen.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan, sebagian jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah bisa dioperasikan pada akhir 2019. Saat ini pengerjaan dan pembebasan lahan ruas tol terus dilakukan.

"Pekanbaru-Dumai bisa dilihat di sini ada 131 km, sampai nanti November atau Desember bisa dioperasikan semua," kata Bintang dalam diskusi Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Rencana Holding Infrastruktur, Bagaimana Progresnya Sejauh Ini?

Bintang menyebutkan, pada palan tol Pekanbaru-Dumai memiliki enam seksi ruas. Di antaranya, seksi I Pekanbaru-Minas (9,5 km), Seksi II Minas-Petapahan (24,1km), seksi III Petapahan-Kadis Utara (16,9km), seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan (27,23 km), seksi V Duri Selatan-Duri Utara (27,23), dan Seksi VI Duri Utara-Dumai (24,65 km).

Pada seksi I, kini pengadaan lahan hampir rampung mencapai 99,18 persen dan konstruksi 72,05 persen serta target fungsionalnya pada Desember 2019.

Sementara itu seksi II pengadaan lahan 99,53 persen dan konstruksi mencapai 54,57 persen. Sehingga melihat persentase pengerjaannya, kedua seksi tol ini sudah lebih siap untuk buka dan dioperasikan.

"Pekanbaru-Dumai Toll Rooad sekarang sudah bebas (lahan) ini nanti (target) November-Desember 100 persen seluruhnya," jelasnya.

Baca juga: Garap Tol Trans Sumatera, Hutama Karya Incar Pendapatan Rp 34,32 Triliun Tahun Ini

Proyek tol Pekanbaru-Dumai merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang mulai dikerjakan pada tahun 2016 dan menelan biaya sekitar Rp 16,21 triliun.

Tol Pekanbaru-Dumai diharapkan dapat meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X