Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbekal Pengalaman 37 Tahun, Mantan Bos BRI Tulis Buku soal Karier

Kompas.com - 08/10/2019, 19:00 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam berbagi kisahnya saat memasuki jajaran direksi hingga menjabat menjadi Direktur Utama di beberapa perusahaan pelat merah.

Kisah membangun bisnis selama 37 tahun itu dia tuangkan dalam buku hasil kolaborasi bersama Akademisi dan Praktisi Bisnis Rhenald Kasali berjudul "Leadership in Practice: Apa Kata Asmawi Syam".

Peluncurannya diadakan di Jakarta hari ini, Selasa (8/10/2019).

Asmawi, yang kini menjabat jadi Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengatakan keinginan untuk membagi kisah dan tipsnya dalam sebuah buku sudah lama dia inginkan. Tapi, banyak keraguan yang muncul mengingat dirinya adalah seorang praktisi bisnis.

"Saya praktisi. Seorang praktisi nulis buku kadang ada keraguan. Nanti kalau dibaca akademisi ini teorinya mana, nih. Pengalaman kalau enggak dilandasi teori jadi kering," kata Asmawi Syam dalam peluncuran bukunya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Jadi CEO Perlu Eksekusi, Bukan Hanya Wacana

Akhirnya, dia berkolaborasi dengan Rhenald Kasali yang merupakan akademisi sekaligus praktisi di dunia bisnis.

Pun Rhenald tengah mencari sosok pemimpin perusahaan yang ceritanya bisa menjadi inspirasi dan diimplementasi untuk pemimpin masa kini.

"Kalau Prof Rhenald kan kita tahu bukunya selalu landing (membumi). Karena dia akademisi sekaligus praktisi," ucap Asmawi.

Adapun buku tersebut menceritakan soal gaya kepemimpinan Asmawi dari seorang staf yang kemudian dipercaya memasuki jajaran Direktur hingga menjadi Direktur Utama.

Dalam buku tersebut juga dijabarkan rumus menjadi pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang tangkas dan cekatan, serta berorientasi pada solusi. Dari membuat ide, peta jalan (roadmap) hingga eksekusi.

Baca juga: Jelang Masa Jabatan Berakhir, Menteri Rini Kumpulkan 143 CEO BUMN

Pun buku ini menceritakan perjalanan karier dan kisah inspiratif Asmawi yang bisa dipetik. Misalnya, saat Asmawi harus menyelesaikan kasus kredit di Surabaya hingga penyelamatan aset dan evakuasi tim BRI saat Timor-Timur bergejolak.

Tidak sampai situ, perjalanan karirnya juga memiliki momen penting, seperti peluncuran satelit perbankan pertama di dunia, BRIsat pada tahun 2016 lalu.

"Kami memerlukan orang seperti Pak Asmawi. Pak Asmawi low profile, tapi hasilnya luar biasa. Indonesia butuh banyak eksekutor seperti Pak Asmawi, agar tidak melulu wacana," kata Rhenald dalam kesempatan yang sama.

"Tidak banyak pemimpin yang memiliki kemampuan semacam ini," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com