Berbekal Pengalaman 37 Tahun, Mantan Bos BRI Tulis Buku soal Karier

Kompas.com - 08/10/2019, 19:00 WIB
Praktisi dan Akademisi Bisnis Rhenald Kasali dan Komisaris Utama Bank BTN Asmawi Syam dalam peluncuran buku kolaborasi keduanya di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (8/10/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAPraktisi dan Akademisi Bisnis Rhenald Kasali dan Komisaris Utama Bank BTN Asmawi Syam dalam peluncuran buku kolaborasi keduanya di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam berbagi kisahnya saat memasuki jajaran direksi hingga menjabat menjadi Direktur Utama di beberapa perusahaan pelat merah.

Kisah membangun bisnis selama 37 tahun itu dia tuangkan dalam buku hasil kolaborasi bersama Akademisi dan Praktisi Bisnis Rhenald Kasali berjudul "Leadership in Practice: Apa Kata Asmawi Syam".

Peluncurannya diadakan di Jakarta hari ini, Selasa (8/10/2019).

Asmawi, yang kini menjabat jadi Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengatakan keinginan untuk membagi kisah dan tipsnya dalam sebuah buku sudah lama dia inginkan. Tapi, banyak keraguan yang muncul mengingat dirinya adalah seorang praktisi bisnis.

"Saya praktisi. Seorang praktisi nulis buku kadang ada keraguan. Nanti kalau dibaca akademisi ini teorinya mana, nih. Pengalaman kalau enggak dilandasi teori jadi kering," kata Asmawi Syam dalam peluncuran bukunya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Jadi CEO Perlu Eksekusi, Bukan Hanya Wacana

Akhirnya, dia berkolaborasi dengan Rhenald Kasali yang merupakan akademisi sekaligus praktisi di dunia bisnis.

Pun Rhenald tengah mencari sosok pemimpin perusahaan yang ceritanya bisa menjadi inspirasi dan diimplementasi untuk pemimpin masa kini.

"Kalau Prof Rhenald kan kita tahu bukunya selalu landing (membumi). Karena dia akademisi sekaligus praktisi," ucap Asmawi.

Adapun buku tersebut menceritakan soal gaya kepemimpinan Asmawi dari seorang staf yang kemudian dipercaya memasuki jajaran Direktur hingga menjadi Direktur Utama.

Dalam buku tersebut juga dijabarkan rumus menjadi pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang tangkas dan cekatan, serta berorientasi pada solusi. Dari membuat ide, peta jalan (roadmap) hingga eksekusi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X