Mau Liburan? Ini Pentingnya Punya Asuransi Perjalanan

Kompas.com - 09/10/2019, 20:26 WIB
Ilustrasi liburan. SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan.

LONDON, KOMPAS.com - Anda yang gemar atau berencana liburan, ada baiknya melindungi diri dengan asuransi perjalanan.

Sayangnya, banyak di antara kita yang menganggap remeh risiko yang dapat menghadang waktu bahagia saat liburan. Riset terbaru yang dilakukan MoneySuperMarket menemukan bahwa lebih dari sepertiga responden berlibur tanpa asuransi perjalanan.

Apabila risiko seperti sakit atau kecelakaan terjadi, maka Anda harus mengeluarkan biaya besar tak terduga atau bahkan membatalkan liburan. Di situlah pentingnya asuransi perjalanan.

Nah, apa sebenarnya pentingnya mempunyai asuransi perjalanan saat liburan?

Baca juga: Penerbangan Murah Tingkatkan Pertumbuhan Asuransi Perjalanan

Dikutip dari Good Housekeeping UK, Rabu (9/10/2019), berikut ini 5 hal tentang asuransi perjalanan yang perlu Anda ketahui.

1. Tanpa Anda sadari, Anda membutuhkannya

Asuransi adalah tentang merencanakan perlindungan untuk risiko tak terduga saat liburan, seperti ketinggalan atau pembatalan penerbangan, sakit saat dalam perjalanan, permasalahan dengan hotel, hingga pencurian.

Jika Anda mengalami kecelakaan saat liburan, khususnya berdampak medis, Anda harus menanggung biayanya sendiri jika tak punya asuransi perjalanan. Perlu diingat, jika Anda liburan ke luar negeri, biaya pengobatan di luar negeri amat mahal.

2. Beli saat memesan tiket, bukan saat dalam perjalanan

Dengan memastikan Anda telah terproteksi sebelum mengatur perjalanan, Anda terlindungi dari pembatalan penerbangan. Inilah mengapa asuransi perjalanan harus Anda miliki saat memesan tiket pesawat.

Meskipun Anda memiliki uang pegangan di dalam kartu debit atau kartu kredit, jangkauan perlindungan asuransi perjalanan cukup luas. Anda akan terlindungi dari pembatalan penerbangan, serta permasalahan terkait akomodasi hingga kecelakaan.

Ingatlah, karena ada saja kemungkinan Anda sakit atau terpaksa harus membatalkan perjalanan, maka penting membeli asuransi perjalanan segera setelah Anda memesan tiket.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X