Dengan Jalan Tol Ini Waktu Tempuh Bekasi-Tanjung Priok Terpangkas hingga 2 Jam

Kompas.com - 10/10/2019, 16:53 WIB
Wakil Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II Eko Afrilianto (kiri) memberikan keterangan mengenai progres pengerjaan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) di Cibitung, Bekasi, Kamis (10/10/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAWakil Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II Eko Afrilianto (kiri) memberikan keterangan mengenai progres pengerjaan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) di Cibitung, Bekasi, Kamis (10/10/2019).

BEKASI, KOMPAS.com - Keberadaan Jalan Tol Cibitung-Cilincing ( JTCC) bisa memangkas waktu hingga dua jam pada rute perjalanan Bekasi ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Proyek JTCC terus dikebut pengerjaannya dan ketika rampung akan menghubungkan kawasan industri di timur Jakarta dengan daerah pesisir pelabuhan di Jakarta Utara.

Wakil Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II Eko Afrilianto mengatakan, dengan melewati tol Cibitung-Cilincing truk logistik bisa lebih efektif. Sehinga diharapkan distribusi logistik dari wilayah industri bisa lebih cepat dan efisien.

JTCC bisa memangkas perjalanan dari Cibitung di Kabupaten Bekasi ke Tanjung Priok di Jakarta Utara dengan waktu ditempuh satu jam.

"Misalnya truk sehari cuma 1 rit, ritasenya bisa tambah karena dari Cibitung ke Priok jadi satu jam, kalau sekarang bisa 3-4 jam. Jadi meningkatkan efisiensi jalannya bisa 1 rit lebih," kata Eko di Cibitung, Bakasi,Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Jalan Tol Cibitung-Cilincing Ditargetkan Beroperasi Tahun 2020

Menurut Eko, saa ini memang sudah ada konektivitas antara Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok, yakni lewat Jakarta Outer Ring Road ( JORR I) yang mengandalkan rute Jakarta-Cikampek. Akan tetapi trafik lalu lintasnya sudah terlalu tinggi dan kurang efektif.

Kehadiran JTCC bisa jadi pilihan utama atau paling tidak menjadi alternatif untuk kendaraan logistik ketiak ingin ke Pelabuhan Tanjung Priok.

"Konektivitas eksisting memang sudah ada, dari Cikampek masuk Cawang atau ke JORR nah ini trafiknya kan besar dan ramai. Kami berharap ada perubahan pola transportasi, dari timur ada pembagian arus kendaraan," jelasnya.

"Kendaraan berat akan masuk ke kita (Cibitung-Cilincing), yang kecil bisa ke JORR," tambah dia.

Baca juga: Mandiri : E-Money Tak Bisa Digunakan di Jalan Tol Hoaks

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X