Kompas.com - 12/10/2019, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa kini, ruang lingkup bisnis milenial berputar di sekitar fashion dan kafe. Padahal, masih banyak bisnis yang bisa dikembangkan, salah satunya di bidang Kelautan dan Perikanan.

Terlebih, Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena ruang lautnya yang luas.

"Bisnis memanfaatkan ikan dan sumber daya laut masih sangat luas. Kekayaan kita tidak terkunci hanya di ruangan ber-AC, kekayaan kita ada di laut," kata Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP Sjarief Widjaja di Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Sjarief mengatakan, ketika berbicara tentang laut, banyak milenial yang berpikir bisnis ikan adalah bisnis nelayan dan tidak sukses. Sebab, masyarakat telah ditanamkan stereotip orang sukses adalah berdasi dan memakai jas.

Baca juga: Ekspor Perikanan Indonesia Kalah dengan Vietnam, Ini Masalahnya

Padahal, kata sjarief, masih banyak peran yang bisa diambil dalam bisnis ini. Tidak kalah bersaing dengan bisnis kafe kekinian.

Apalagi jika dikombinasikan dengan jiwa entrepreneurship dan teknologi yang maju, misalnya membuat perusahaan rintisan (startup) di bidang perikanan berbasis orkestrasi dan lain sebagainya.

"Mari kita masuk ke dunia perikanan dan menjadi entrepreneur yang hebat. Sehingga ikan dan laut menjadi masa depan bangsa bisa terwujud," sebut dia.

Kementerian Kelautan dan Perikanan sendiri memang mendorong entrepreneurship di bidang kelautan dan perikanan, salah satunya menyelenggarakan lomba worskshop kewirausahaan di sektor kelautan.

Baca juga: Di Sidang Umum PBB, PM Norwegia Apresiasi Kebijakan Perikanan Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.