Diwarnai Beragam Sentimen, Bagaimana Pergerakan IHSG Esok?

Kompas.com - 13/10/2019, 07:04 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan depan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) diperkirakan bergerak menguat dengan batas bawah di kisaran 6.033 sampai 5.988 dan batas atas di 6 154 sampai 6.230.

Hal tersebut beriringan dengan kondisi pasar yang masih akan diwarnai oleh berita perang dagang. Pasar keuangan dunia masih tetap perlu berhati-hati akibat seringnya terjadi kegagalan negosiasi dagang kedua negara ekonomi raksasa dunia, Amerika Serikat dan China.

Biarpun optimisme negosiasi cukup tinggi diakhir pekan ini, tetapi perbedaan kedua negara masih sangat banyak dan besar. Presiden Amerika Serikat Donald Trump diyakini akan berupaya mencari solusi untuk menghindarkan AS dari resesi ekonomi apalagi Amerika menjelang pemilu.

Selain itu, pasar juga akan diwarnai harapan penuruan suku bunga oleh The Fed.

"Harapan pasar naik dari 53% menjadi 85% di bulan ini," ujar Direktur PT Anugerah Investama Hans Kwee seperti dalam keterangannya kepada Kompas.com, Minggu (13/10/2019).

Baca juga: Upaya Sri Mulyani Gairahkan Pelaku Pasar di Tengah Merosotnya IHSG...

Rilis angka inflasi konsumen AS September yang tidak banyak berubah memberikan harapan terjadi pemotongan suku bunga. Presiden Tramp juga memberikan tekanan pada pejabat Fed untuk menurunkan suku bunga.

Hal ini diharapakan mampu mendorong perekonomian AS dan menaikan popularitas pemerintah.

Selain itu, minggu depan even laporan keuangan akan mempengaruhui pasar. Laba korporasi mungkin mengalai perlambatan akibat kondisi ekonomi yang menurun.

Sebelumnya, awal pekan ini market sempat optimis mengharapkan penurunan suku bunga the Fed menyusul jeleknya data-data perekonomian AS. Pasar juga menanti pertemuan AS dan China di akhir pekan.

Pasar dunia pada perdagangan Senin (7/10/2019) jatuh menyusul kabar Beijing yang dikabarkan engan menyetujui kesepakatan dagang dengan Presiden Trump.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X