Reksa Dana Terbaru Avrist Diperdagangkan di Bursa

Kompas.com - 18/10/2019, 12:18 WIB
Direktur Utama PT Avrist Asset Management (Avram) Hanif Mantiq  (kiri depan) melihat layar peradangan perdana Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond l (XAFA) usai diluncurkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (18/12/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGADirektur Utama PT Avrist Asset Management (Avram) Hanif Mantiq  (kiri depan) melihat layar peradangan perdana Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond l (XAFA) usai diluncurkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (18/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Avrist Asset Management (Avram) bersama PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) meluncurkan Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond l (XAFA)  yang kini diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia ( BEI) mulai hari ini, Jumat (18/10/2019).

XAFA telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dicatatkan di BEI.

Direktur Utama Avram Hanif Mantiq mengatakan, dalam kerja sama ini, Avrist bertindak sebagai Manajer lnvestasi dan Mandiri Sekuritas berperan sebagai Dealer Partisipan khusus untuk produk Avrist ETF Fixed Rate Bond l (XAFA).

Selain itu, Avram juga bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Bank Kustodian untuk Produk XAFA.

"Penerbitan ETF Fixed Rate Bond ini merupakan salah satu bentuk usaha kami untuk menyediakan produk yang diharapkan dapat memperbesar basis investor ritel di pasar obligasi yang selama ini tidak bisa mengakses karena minimnya dana atau kurang dari Rp 1 milliar," kata Hanif di Main Hall BEI, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Platform Ini Beri Bimbingan bagi Pemula yang Ingin Investasi Reksa Dana

Hanif menjelaskan, di samping itu, investor ritel akan mendapatkan kemudahan melakukan transaksi jual beli XAFA melalui platform yang telah tersedia.

Peluncuran XAFA ini sejalan dengan visi Avram untuk memajukan kehidupan melalui solusi investasi terbaik bagi investor.

"XAFA akan berinvestasi pada FR0081 yaitu SBN dengan jangka waktu lima tahun, dengan pertimbangan beberapa hal yaitu pertama, tingginya likuiditas, kedua, risiko pasar rendah karena durasi pendek, ketiga, peringkat kredit yang tinggi (AAA), sehingga memiliki risiko default rendah," terangnya.

Dia menambahkan, terdapat beberapa keuntungan bagi investor jika membeli reksa dana XAFA. Antara lain adanya return yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kepemilikan langsung obligasi tersebut, lalu investor akan mendapat pembagian hasil investasi secara berkala setiap enam bulan, serta memiliki kemungkinan capital gain.

Baca juga: Terdorong Bonus Demografi, Prospek Pasar Reksa Dana Masih Menjanjikan

Keuntungan lainnya adalah memudahkan investor untuk melakukan asset-Iiability matching, yaitu menyesuaikan kewajiban dengan aset yang dimiliki.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X