Gantikan Susi Jadi Menteri KP, Berapa Gaji dan Tunjangan Edhy Prabowo?

Kompas.com - 24/10/2019, 17:04 WIB
Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat acara pisah sambut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo melantik Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019) Pagi. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGEdhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat acara pisah sambut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo melantik Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019) Pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Edhy Prabowo resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) menggantikan Susi Pudjiastuti usai serah terima jabatan di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sebagai menteri, Edhy tentunya akan mendapatkan hak-haknya dari negara termasuk gaji dan tunjangan. Lantas berapa gaji dan tunjangan yang akan diterima mantan Ketua Komisi IV DPR sekaligus politikus Partai Gerindra itu?

Soal gaji, seperti dikutip dari Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2000, gaji pokok seorang menteri yakni sebesar Rp 5,04 juta per bulan.

Baca juga: Soal Penenggelaman Kapal dan Cantrang, Ini Kata Edhy Prabowo

Sementara terkait tunjangan menteri, aturan yang berlaku yakni Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Dalam Pasal 2.e Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 disebutkan bahwa tunjangan yang diberikan kepada menteri sebesar Rp 13,6 juta per bulan.

Tunjangan ini juga berlaku untuk Jaksa Agung, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia dan pejabat lain yang kedudukannya atau pengangkatannya setingkat atau disetarakan dengan Menteri Negara.

Baca juga: Susi: Pak Edhy Kenal KKP dengan Baik, Saya Yakin Laut Semakin Berdaulat

Dengan begitu, gaji dan tunjangan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yakni sebesar Rp 18,64 juta per bulan. Namun angka ini belum termasuk dana operasional dan lain-lain.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu ditunjuk menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Urusan ikan, idustri perikanan, wisata maritim, wilayahnya ada dibawah beliau," ucap Presiden saat mengumumkan nama Edhy di Istana Merdeka Rabu.

Edhy pernah menjadi anggota DPR selama tiga periode. Kemudian Edhy juga sempat menjadi ketua Komisi IV DPR pada periode keanggotaan 2014-2019.

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019 membidangi pertanian, kehutanan, maritim atau kelautan dan perikanan, serta pangan.

Baca juga: Gantikan Susi, Edhy Prabowo Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X