Bulan Ini, LinkAja Targetkan Bisa Dipakai Bayar Tiket Commuter Line

Kompas.com - 01/11/2019, 20:30 WIB
Ilustrasi LinkAja LinkAjaIlustrasi LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) akan mempercepat pembangunan layanannya di sektor transportasi. 

Saat ini setidaknya ada tiga proyek transportasi yang sedang dikerjakan oleh Finarya, yaitu pembayaran kerta api Commuter Line, pembayaran jalan tol dan pembayaran di layanan Gojek. Satu layanan sudah berjalan yaitu pembelian tiket kereta api melalui KAI Access. 

"Awal November ini lah, kita akan benar-benar memperkenalkan pembayaran commuterline menggunakan LinkAja ke pengguna," ucap Direktur Utama LinkAja Danu Wicaksana saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (01/11/2019).

Nantinya gate untuk pembayaran menggunakan LinkAja akan didesain secara khusus dan diberi warna tertentu agar pengguna bisa langsung mengetahui. 

Danu mengatakan bahwa mereka telah melakukan masa percobaan selama sebulan terakhir di beberapa stasiun. 

Baca juga: Naik KRL, Bayarnya Bisa Pakai LinkAja

Sementara itu, untuk pembayaran di gerbang tol, saat ini masih ada diskusi dengan regulator. LinkAja untuk saat ini hanya bekerjasama dengan satu merchant operator jalan tol yaitu Jasamarga. 

"Saat ini masih uji coba di 38 gerbang tol Jasa Marga, nah sekarang Jasa Marga sedang diskusi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) supaya bisa scale up pilot project ini ke jumlah gardu yang lebih banyak," kata Danu

Sementara untuk proyek dengan Go-Jek, saat ini belum semua orang bisa melakukan pembayaran dengan LinkAja. 

"Kami di sini kerja samanya bukan sama GoPay tapi sama Go-Jek, jadi kami jadi pilihan antara GoPay dan Cash," ujar Danu.

Nantinya layanan Go-Jek yang bisa dibayarkan menggunakan LinkAja adalah GoRide, GoCar, GoTix dan GoBluebird. 

"Nah sekarang di sekitar 40 persen pengguna, pilihan pembayaran pakai LinkAja sudah muncul, targetnya dalam dua minggu ini kita akan naikkan sampai 100 persen," ucapnya 

 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X