BI: Tekan CAD, Indonesia Perlu Genjot Sektor Pariwisata

Kompas.com - 07/11/2019, 12:55 WIB
KOMPAS.com/MUTIA FAUZIA

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi menilai Indonesia perlu menggenjot sektor pariwisata. Hal ini diperlukan untuk menekan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

"Secara paralel kita harus menggenjot pariwisata karena saya yakin Indonesia begitu banyak potensi wisatanya," ujarnya dalam sambutan workshop yang berlangsung di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Menurut Rosmaya, Indonesia membutuhkan stimulus untuk menekan CAD. Kata dia, salah satu stimulus itu yakni peningkatan cadangan devisa dari sektor pariwisata. 

Baca juga: Turis Asing Bisa Bayar Pakai WeChat dan Alipay di China

Ada beberapa aspek yang menurutnya perlu dibenahi untuk menggenjot sektor pariwisata. Mulai dari akses, atraksi, amenitas, promosi dan pembiayaan (3A-2P).

"Tiga A itu apa saja: A pertama adalah akses. Walaupun tempatnya indah tapi aksesnya susah seperti Raja Ampat, itu aksesnya susah," ucapnya

Dijabarkan lagi, atraksi pada sektor wisata di Indonesia masih dianggap bagi wisatawan mancanegara (wisman) kurang begitu menarik. Hal ini terlihat dari lamanya para wisman menginap di Indonesia yang rata-rata hanya 1,7 hari.

Baca juga: Cadev Oktober Naik Menjadi 126,7 Miliar Dollar AS

Padahal di Turki kata dia, turis bisa menginap hingga 7 hari lantaran faktor atraksi ini. Di sisi lain, promosi dan pembiayaan juga jadi hambatan dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia.

"Kemudian dua P-nya adalah pertama promosi. Kita terus mempromosikan 10 Bali Baru. Berikutnya adalah pembiayaan. Kita hadir untuk menarik bagaimana kita bisa mendapatkan pembiayaan. Seperti apa visibility kita dapatkan," kata dia.

Berdasarkan data, defisit transaksi berjalan pada kuartal II-2019, naik menjadi 8,4 miliar dollar AS atau 3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Defisit ini naik dari kuratal I-2019 yang hanya 7 miliar dollar AS atau 2,6 persen dari PDB.

Baca juga: Menakar Ulang Kebijakan “Langit Terbuka” di Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X